Skripsi

Perbandingan Metode Flotasi Gula Jenuh dengan Metode Formalin-Eter (Ritchie) untuk Mendeteksi Parasit Usus di Feses = Comparison Between Saturated Sugar Flotation Method and Formalin-Eter (Ricthie) Method to Detect Intestinal Parasites in Feces .

Terdapat beberapa prinsip pemeriksaan mikroskopis feses yaitu dengan metode langsung, sedimentasi formalin-eter (Ritchie), flotasi, dan biakan. Metode yang digunakan untuk mendiagnosis parasit usus yang biasa digunakan di Laboratorium Parasitologi FKUI yaitu pemeriksaan langsung dengan lugol dan formalin-eter (Ritchie). Namun, belum diketahui apakah metode lainnya seperti flotasi memiliki efektifitas yang lebih baik atau buruk untuk mendiagnosis infeksi parasit usus. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan efektifitas metode formalin-eter (Ritchie) dengan flotasi gula jenuh dalam deteksi parasit usus. Desain penelitian yang digunakan merupakan studi potong-lintang. Sampel yang digunakan merupakan feses dari pasien yang diduga terkena infeksi parasit usus di Laboratorium Parasitologi FKUI. Dari 32 pasien yang diperiksa fesesnya dengan metode flotasi gula jenuh ditemukan hasil positif sebanyak 27 sampel (84%) dan hasil negatif sebanyak 5 sampel (16%). Dengan metode formalin-eter (Ricthie) didapatkan hasil positif sebanyak 24 sampel (75%) dan hasil negatif sebanyak 8 sampel (25%). Nilai diagnostik berupa hasil sensitivitas metode flotasi gula jenuh menunjukan hasil yang lebih besar daripada metode formalin-eter (95% vs 90%). Sedangkan nilai spesifisitas metode flotasi gula jenuh lebih rendah daripada formalin-eter (33,3% vs 50%). Pada uji Fischer untuk metode flotasi gula jenuh didapatkan nilai p=0,049 (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Miranda Firstivia Seafty - Nama Orang
Lisawati Susanto - Nama Orang

No. Panggil
S16066FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xii, 37 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S16066FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S16066FKS16066FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Perbandingan Metode Flotasi Gula Jenuh dengan Metode Formalin-Eter (Ritchie) untuk Mendeteksi Parasit Usus di Feses = Comparison Between Saturated Sugar Flotation Method and Formalin-Eter (Ricthie) Method to Detect Intestinal Parasites in Feces .

Related Collection