Skripsi

Hubungan Mean Deviation Lapang Pandang dengan Ketebalan Rerata Retinal Nerve Fiber Layer pada Pasien Glaukoma Primer Sudut Terbuka di RSCM Kirana, Jakarta = Correlation between Visual Field Mean Deviation and Retinal Nerve Fiber Layer Average Thickness in Primary Open Angle Glaucoma Patients in RSCM Kirana, Jakarta.

Glaukoma berada di peringkat kedua sebagai penyebab kebutaan di Indonesia. Penurunan lapang pandang yang ditandai dengan penurunan nilai mean deviation (MD) dan penipisan retinal nerve fiber layer (RNFL) adalah dua dari beberapa hal yang sering dikaitkan dengan glaukoma. Namun, kedua hal tersebut belum ditemukan secara jelas hubungannya satu sama lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan MD lapang pandang dengan ketebalan rerata RNFL pada pasien glaukoma primer sudut terbuka di RSCM kirana, Jakarta. Desain dari penelitian ini adalah cross-sectional dengan mengambil data dari rekam medis pasien RSCM Kirana dari Januari 2015 hingga Juni 2016 yang memiliki data hasil pemeriksaan optical coherence tomography (OCT) dan tes Humphrey. Terdapat 95 buah bola mata yang datanya diambil untuk sampel. Dari hasil analisa korelasi antara nilai MD lapang pandang dan ketebalan RNFL yang dilakukan pada data yang diperoleh, didapatkan nilai signifikansi (p)

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Felix Kurniawan - Nama Orang
Virna Dwi Oktariana - Nama Orang

No. Panggil
S16054FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xiii, 34 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S16054FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S16054FKS16054FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan Mean Deviation Lapang Pandang dengan Ketebalan Rerata Retinal Nerve Fiber Layer pada Pasien Glaukoma Primer Sudut Terbuka di RSCM Kirana, Jakarta  = Correlation between Visual Field Mean Deviation and Retinal Nerve Fiber Layer Average Thickness in Primary Open Angle Glaucoma Patients in RSCM Kirana, Jakarta.

Related Collection