Skripsi

The Association Between Fat Malabsorption and Malnutrition in Children with Diarrhea Treated in Cipto Mangunkusumo Hospital, Jakarta = Asosiasi Antara Malabsorpsi Lemak dengan Malnutrisi pada Anak dengan Diare Dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Diarrhea is widely accepted as one of major healthcare problem in worldwide, especially in children. Children with malnutrition are vulnerable to diarrhea. Fat malabsorption has also been known associated with diarrhea. Therefore, the association between fat malabsorption and malnutrition in children is required to give better understanding in management of diarrhea. This research was conducted by using cross- sectional study on children under 5 years who were treated at Cipto Mangunkusumo Hospital, Jakarta between January 2012 and August 2016. Data were obtained from stool analysis profile and medical records of treated diarrhea pediatric patients in Cipto Mangunkusumo Hospital, Jakarta. Data were analyzed using Chi- Square Test and Kolmogorov- Smirnov Test. Prevalence of fat malabsorption and malnutrition were 24.7% and 33.9%. There was no significant difference between fat malabsorption and malnutrition (p > 0.05). There is also no association between fat malabsorption and length for age (p > 0.05). However, there is association between fat malabsorption and weight for age (p < 0.05). Malnutrition is not associated with fat malabsorption in children aged under 5 years with diarrhea who were treated in Cipto Mangunkusumo Hospital, Jakarta.
Keywords: Fat Malabsorption, Malnutrition, Diarrhea, Nutritional Status, Children


Diare masih dikenal secara luas sebagai salah satu masalah terbesar kesehatan di dunia, terutama pada anak. Malnutrisi pada anak dapat membuat anak tersebut menjadi rentan menderita diare. Malabsorpsi lemak dan diare sudah dikenal memiliki hubunngan antara keduanya. Maka dari itu, asosiasi antara malabsorpsi lemak dan malnutrition pada anak dibutuhkan untuk memberikan penjelasan lebih baik yang diharapkan dapat dapat digunakan dalam penatalaksanaan diare. Penelitian ini menggunakan studi potong lintang pada anak dibawah 5 tahun yang dirawat di rumah sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta, dari Januari 2012 hingga Agustus 2016. Data diambil dari profil analisis tinja and rekam medis pada anak diare yang dirawat di rumah sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Data dianalisis menggunakan Chi- Square Test dan Kolmogorov- Smirnov Test. Prevalensi fat malabsorpsi dan malnutrisi adalah 24.7% dan 33.9%. Tidak ditemukan hubungan yang bermakna antara malabsorpsi lemak dengan malnutrisi (BB/TB) (p > 0.05). Selain itu tidak ditemukan hubungan bermakna antara malabsorpsi lemak dengan tinggi badan berdasarkan umur (TB/U) (p > 0.05). Tetapi, terdapat hubungan yang bermakna antara malabsorpsi lemak dengan berat badan berdasarkan umur (BB/U) (p < 0.05). Malnutrisi tidak ada hubungan dengan kejadian malabsorpsi lemak pada anak dibawah umur 5 tahun yang menderita diare dirawat di di rumah sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.
Kata kunci : Malabsorpsi lemak, Malnutrisi, Diare, Status Nutrisi, Anak

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Lia Amanda - Nama Orang
Fatima Safira Alatas - Nama Orang

No. Panggil
S16049FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 KKI.,
Deskripsi Fisik
x, 42 hlm., 21 cm x 30 cm
Bahasa
English
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S16049FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S16049FKS16049FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of The Association Between Fat Malabsorption and Malnutrition in Children with Diarrhea Treated in Cipto Mangunkusumo Hospital, Jakarta = Asosiasi Antara Malabsorpsi Lemak dengan Malnutrisi pada Anak dengan Diare Dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Related Collection