Tesis

Hubungan antara Hasil Pemeriksaan Kapasitas Difusi Paru terhadap Karbonmonoksida (DLCO) Metode Napas Tunggal dengan Derajat Keparahan Asma Pasien di Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan Jakarta = The correlations between measurement of lung diffusing capacity for carbon monoxide and single breath method (DLCO-SB) with the severity of group Asthma patients in Persahabatan Hospital Jakarta.

Latar belakang : Airway remodelling pada asma juga melibatkan saluran napas perifer dan diduga dapat mempengaruhi alveoli hingga menyebabkan kelainan di parenkim paru Penelitian ini mencoba menemukan kelainan parenkim paru pada pasien asma melalui pemeriksaan kapasitas difusi dengan DLCO metode napas tunggal. Metode :.Penelitian potong lintang dengan membagi asma berdasarkan derajat keparahannya dalam dua kelompok besar yaitu asma ringan (intermiten dan persisten ringan) dan berat (persisten sedang dan berat). Terdapat 60 subjek yang diambil secara konsekutif dari pasien asma stabil tanpa komorbid dan berobat di Poli AsmaPPOK RSUP Persahabatan dari Bulan Desember 2015-Mei 2016. Hasil : Nilai rerata DLCO/prediksi pada kelompok asma ringan yaitu 92,74±15,70% dan menurun pada kelompok asma berat yaitu 78,41±14,21%. Beberapa nilai spirometri menunjukkan hubungan positif bermakna dengan nilai DLCO/prediksi yaitu : KVP/prediksi, VEP1/prediksi dan FEF25-75%/prediksi dengan nilai p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Bulkis Natsir - Nama Orang
Faisal Yunus - Nama Orang
Triya Damayanti - Nama Orang

No. Panggil
T 16 331 FK
Penerbit
Jakarta : .,
Deskripsi Fisik
xv, 69 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16331FKT16331FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan antara Hasil Pemeriksaan Kapasitas Difusi Paru terhadap Karbonmonoksida (DLCO) Metode Napas Tunggal dengan Derajat Keparahan Asma Pasien di Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan Jakarta = The correlations between measurement of lung diffusing capacity for carbon monoxide and single breath method (DLCO-SB) with the severity of group Asthma patients in Persahabatan Hospital Jakarta.

Related Collection