Tesis

Efek pemberian nanokukumin oral terhadap stres oksidatif pada jantung tikus diabetes yang di induksi dengan Streptozotocin-Nicotinamide = The effects of oral nanocurcumin on cardiac oxidative stress in streptozotocin-nicotinamide-induced diabetic rat.

Latar Belakang: Komplikasi diabetes pada jantung dapat terjadi oleh karena produksi reactive oxygen spesies (ROS) berlebih. Beberapa studi menunjukkan stres oksidatif berperan dalam patogenesis komplikasi diabetes seperti kardiomiopati. Kurkumin telah terbukti memiliki khasiat sebagai antioksidan dan kardioprotektif. Tetapi kurkumin memiliki bioavailabilitas yang rendah didalam tubuh. Oleh karena itu kurkumin dibuat dalam bentuk nanokurkumin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nanokurkumin terhadap stres oksidatif pada jantung tikus yang di induksi diabetes. Metode: Tikus Sprague-Dawley jantan di induksi diabetes dengan nikotinamide (NA) 100 mg/kgBB dan streptozotocin (STZ) 55 mg/kgBB secara intraperitoneal dan dosis tunggal. Terdapat 4 kelompok tikus antara lain, kelompok normal (tikus yang tidak di induksi), kelompok kontrol diabetes (CMC 0,5%), kelompok tikus diabetes yang diberi kurkumin oral 100mg/kg/hari dan kelompok tikus diabetes yang diberi nanokurkumin oral 100mg/kg/hari. Pengamatan dilakukan selama 30 hari. Kadar glukosa darah, aktivitas enzim creatine kinase myocardial band (CKMB), kadar malondialdehid (MDA), aktivitas enzim superoksida dismutase (SOD), glutation peroksidase (GPx) dan histopatologi otot jantung dianalisis dengan statistik menggunakan uji ANOVA, perbedaan dianggap bermakna secara statistik bila p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Hotlina Nainggolan - Nama Orang
Vivian Soetikno - Nama Orang
Wawaimuli Arozal - Nama Orang

No. Panggil
T 16 323 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Magister Ilmu Biomedik.,
Deskripsi Fisik
xiv, 108 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16323FKT16323FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Efek pemberian nanokukumin oral terhadap stres oksidatif pada jantung tikus diabetes yang di induksi dengan Streptozotocin-Nicotinamide  = The effects of oral nanocurcumin on cardiac oxidative stress in streptozotocin-nicotinamide-induced diabetic rat.

Related Collection