Tesis

Mortalitas Bedah Pintas Arteri Koroner Dibandingkan Intervensi Koroner Perkutan pada Stenosis Multipel (Multivessel Disease) Paska Intervensi Koroner Perkutan Primer = Mortality CABG Compared to PCI in Multiple Vessel Disease Post Primary Percutaneous Coronary Intervention.

Latar Belakang : Setengah pasien IMA-EST yang menjalani intervensi koroner perkutan primer (IKPP) memiliki multivessel disease. Rekomendasi saat ini hanya menganjurkan intervensi pada arteri terkait infark pada saat IKPP. Revaskularisasi selanjutnya pada stenosis signifikan lainnya dapat dilakukan dengan intervensi koroner perkutan (IKP) atau bedah pintas arteri koroner (BPAK). Namun sampai saat ini belum ada panduan pemilihan tindakan paska IKPP dengan multivessel disease. Tujuan : Mendapatkan data yang akurat tentang mortalitas IKP dan BPAK pada stenosis multipel paska IKPP. Melalui data ini diharapkan didapatkan rekomendasi yang sesuai tentang pilihan strategi pada stenosis multipel paska IKPP. Metode : Penelitian ini merupakan studi kohort retrospektif observasional. Penelitian dilakukan di Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPDHK) dengan mengambil data dari rekam medis. Durasi data yang diambil dari 01 Januari 2011 - 31 Desember 2014. Data karakteristik dasar, data klinis, dan angiografi dicatat dari rekam medis dan melalui wawancara melalui telepon. Data kemudian diolah dengan analisis bivariat dan multivariat untuk melihat hubungan kedua jenis tindakan dan mortalitas. Hasil Penelitian : Terdapat 177 pasien yang memenuhi kriteria dengan 141 pasien yang dilakukan IKP dan 36 pasien dilakukan BPAK paska IKPP. Karakteristik dasar tidak berbeda diantara kedua kelompok. Data klinis dan angiografi menunjukkan perbedaan culprit lesion (p=0,007), residual lesion (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Joel Herbet Marudut Hasiholan Manurung - Nama Orang
Suko Adiarto - Nama Orang
Sunarya Soerianata - Nama Orang

No. Panggil
T 16 314 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah.,
Deskripsi Fisik
xiii, 38 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16314FKT16314FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Mortalitas Bedah Pintas Arteri Koroner Dibandingkan Intervensi Koroner Perkutan pada Stenosis Multipel (Multivessel Disease) Paska Intervensi Koroner Perkutan Primer = Mortality CABG Compared to PCI in Multiple Vessel Disease Post Primary Percutaneous Coronary Intervention.

Related Collection