Tesis

GAMBARAN PULSATILITY INDEX ARTERI SEREBRI MEDIA BILATERAL DAN HUBUNGANNYA DENGAN GANGGUAN KOGNITIF PADA PENDERITA HIPERTENSI = MIDDLE CEREBRAL ARTERY PULSATILITY INDEX AS PREDICTOR FOR COGNITIVE IMPAIRMENT IN HYPERTENSIVE PATIENTS.

Latar belakang : Gangguan kognitif sebagai komplikasi dari penyakit serebrovaskular terkait hipertensi merupakan masalah kesehatan global seiring dengan meningkatnya angka harapan hidup. Baku emas diagnostik Vascular Cognitive Impairment (VCI) adalah pemeriksaan neuro imaging. Penelitian ini menggunakan modalitas neurosonologi dimana nilai pulsatility index (PI) arteri serebri media (MCA) berdasarkan pemeriksaan Trans Cranial Doppler (TCD) diharapkan menjadi alternatif prediktor gangguan kognitif pada penderita hipertensi Tujuan : Mengetahui perbedaan nilai PI MCA bilateral antara penderita hipertensi kognitif normal dengan kognitif terganggu. Secara spesifik, penelitian ini bertujuan untuk menilai apakah PI MCA dapat menjadi prediktor gangguan kognitif Metode : Penelitian ini bersifat potong lintang dengan subyek hipertensi tanpa komplikasi makrovaskular di poliklinik Saraf RSCM. Terdapat 66 subyek yang dipilih berdasarkan kriteria inklusi. Seluruh subyek menjalani pemeriksaan Montreal Cognitive Assesment versi Indonesia (MoCA-Ina) untuk menilai status kognitifnya. Berdasarkan hasil MoCA-Ina seluruh subyek akan dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok kognitif normal dan terganggu. Kedua kelompok lalu menjalani pemeriksaan TCD untuk menilai PI MCA bilateral Hasil : Kelompok dengan gangguan kognitif memiliki nilai PI MCA lebih tinggi dibanding dengan kelompok kognitif normal (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Teuku Reyhan - Nama Orang
Joedo Prihartono - Nama Orang
Yetty Ramli - Nama Orang
Mohamad Kurniawan - Nama Orang

No. Panggil
T 16 311 FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Spesialis Neurologi.,
Deskripsi Fisik
xviii, 69 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16311FKT16311FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of GAMBARAN PULSATILITY INDEX ARTERI SEREBRI MEDIA BILATERAL DAN HUBUNGANNYA DENGAN GANGGUAN KOGNITIF PADA PENDERITA HIPERTENSI = MIDDLE CEREBRAL ARTERY PULSATILITY INDEX AS PREDICTOR FOR COGNITIVE IMPAIRMENT IN HYPERTENSIVE PATIENTS.

Related Collection