Tesis

Efektivitas dan Keamanan Krioterapi pada Program “See and Treat” di Puskesmas Wilayah Jakarta = The Efficacy and Safety of Cryotherapy in “See and Treat” Programme in Jakarta Primary Health Centre .

Program “see and treat” adalah program dengan metode IVA dan krioterapi untuk mengatasi lesi prakanker serviks di lokasi dengan keterbatasan sarana. Efektivitas dan keamanan krioterapi pada program ini belum dievaluasi dalam 5 tahun terakhir. Data dari rekam medis diambil dengan metode total sampling. Variabel yang dicatat adalah hasil IVA, tindakan krioterapi, usia pertama kawin, jumlah pernikahan, paritas, merokok, dan penggunaan kontrasepsi. Data dianalisis secara univariat. Dari 86 data yang dianalisis, persentase keberhasilan krioterapi dalam konversi hasil IVA mencapai 90,70%. Angka keluhan pasca krioterapi sebesar 1,3% yaitu perdarahan minimal. Krioterapi efektif dan aman pada program “see and treat”.
Kata Kunci: inspeksi visual asam asetat (IVA), krioterapi, see and treat



“See and treat” was a program using VIA and cryotherapy to eliminate cervical precancerous lesion in a facility-limited location. Efficacy and safety of cryotherapy in this program had not been evaluated in the last 5 years. Data from medical record were taken with total sampling method. VIA result, cryotherapy procedure, first-marriage age, number of marriage, parity, smoking habit, and the use of contraception were assessed. Data were analyzed univariately. From 86 analyzed data, cryotherapy convert the VIA result in 90,70% patients. 1,3% patient complaint minimal bleeding. Cryotherapy was effective and safe in “see and treat” program.
Keywords: cryotherapy, see and treat, visual inspection of acetic acid (VIA)

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Linda Lestari - Nama Orang
Gatot Purwoto - Nama Orang
Laila Nuranna - Nama Orang

No. Panggil
T 16 303 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Obstetri dan Ginekologi.,
Deskripsi Fisik
xi, 54 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16303FKT16303FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Efektivitas dan Keamanan Krioterapi pada Program “See and Treat” di Puskesmas Wilayah Jakarta = The Efficacy and Safety of Cryotherapy in “See and Treat” Programme in Jakarta Primary Health Centre .

Related Collection