Tesis

Perbandingan Efektivitas dan Efek Samping Susuk Monoplant® dan Indoplant® Sebagai Alat Kontrasepsi di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo = Comparison of Effectiveness and Safety Between Monoplant® and Indopant® as Contraceptive Method in RSUPN Cipto Mangunkusumo.

endahuluan. Metode KB banyak jenisnya, salah satunya adalah susuk yang memiliki efektivitas tinggi, durasi pemakaian jangka panjang, dan kenyamanan penggunaan. Indoplant® sudah dipasarkan di Indonesia pada tahun 2005 dan mendapatkan respon baik di Indonesia. Diharapkan Monoplant® ini dapat menjadi salah satu alat kontrasepsi yang diminati para akseptor KB karena hanya menggunakan satu batang. Metode. Pengambilan data dilakukan sejak November 2015 hingga Mei 2016 di Klinik Raden Saleh. Sebanyak 153 pasien memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi penelitian dan dibagi menjadi 77 pasien yang menerima susuk Monoplant® dan 76 pasien menerima susuk Indoplant®. Penelitian dilakukan secara kohort prospektif hingga observasi selama 6 bulan. Hasil. Data yang didapat menunjukkan tidak terdapat perbedaan bermakna pada efektivitas yaitu kejadian hamil pada penggunaan Monoplant® dan Indoplant®. Selain itu, efek samping seperti gangguan haid dan kenaikan berat badan tidak berbeda bermakna pada kedua kelompok penelitian. Namun, waktu penyisipan antara Monoplant® dan penyisipan Indoplant® (162,91+49,81 detik vs 197,04+44,96 detik, p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Frista Ballo - Nama Orang
Eka Rusdianto Gunardi - Nama Orang

No. Panggil
T 16 273 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Obstetri dan Ginekologi.,
Deskripsi Fisik
xiv, 94 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16273FKT16273FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Perbandingan Efektivitas dan Efek Samping Susuk Monoplant® dan Indoplant® Sebagai Alat Kontrasepsi di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo = Comparison of Effectiveness and Safety Between Monoplant® and Indopant® as Contraceptive Method in RSUPN Cipto Mangunkusumo.

Related Collection