Tesis

Faktor Risiko Epilepsi dengan Awitan Usia di Bawah 1 Tahun: Studi Kasus Kontrol = Risk Factors of Epilepsy Onset in Infancy: Case Control Study.

Latar belakang: Epilepsi merupakan salah satu penyebab terbanyak morbiditas di bidang saraf anak, yang menimbulkan berbagai permasalahan gangguan tumbuhkembang, dan kualitas hidup anak dengan insidens terbanyak di bawah usia 1 tahun. Faktor-faktor risiko terjadinya epilepsi di bawah usia 1 tahun seperti herediter, prenatal, perinatal dan pascanatal perlu diketahui sehingga dapat menjadi prediktor kejadian epilepsi dan dapat menatalaksana epilepsi sejak dini. Tujuan: (1) Mengidentifikasi faktor risiko epilepsi pada anak dengan awitan usia di bawah 1 tahun. (2) Menganalisis besar risiko faktor herediter. (3) Menganalisis besar risiko faktor perinatal (asfiksia, BBLR, prematur). (4) Menganalisis besar risiko faktor pascanatal (kejang demam, mikrosefali, keterlambatan perkembangan, tidak ASI eksklusif). (5) Memberikan gambaran probabilitas timbulnya epilepsi berdasarkan skoring prediktor terhadap faktor risiko. Metode: Penelitian kasus kontrol dilakukan pada pasien yang terdiagnosis epilepsi dengan awitan usia di bawah 1 tahun yang datang ke Poliklinik Neurologi Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI/RSCM dari bulan Januari 2011 hingga Desember 2015. Pengambilan data dilakukan dengan melihat data rekam medis dan wawancara kepada orangtua. Faktor-faktor risiko yang dianggap berpengaruh dianalisis secara multivariat. Hasil: Insidens epilepsi di bawah usia 1 tahun selama 2011-2015 167 pasien. Pada analisis multivariat didapatkan faktor-faktor risiko yang bermakna berupa riwayat keluarga dengan epilepsi (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Zidnie Prissilla Primawati - Nama Orang
Irawan Mangunatmadja - Nama Orang
Piprim B. Yanuarso - Nama Orang

No. Panggil
T 16 241 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Kesehatan Anak.,
Deskripsi Fisik
xvii, 53 hlm., 12cm x 31cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16241FKT16241FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Faktor Risiko Epilepsi dengan Awitan Usia di Bawah 1 Tahun: Studi Kasus Kontrol  = Risk Factors of Epilepsy Onset in Infancy: Case Control Study.

Related Collection