Tesis

Efek Akupunktur Telinga terhadap Kecemasan dan Respon Fisiologis Pasien pada Prosedur Esofagogastroduodenoskopi = Effect of Auricular Acupuncture towards Patient Anxiety and Physiological Responses on The Esophagogastroduodenoscopy Procedure.

Prosedur esofagogastroduodenoskopi (EGD) dapat menimbulkan kecemasan, sehingga diperlukan intervensi untuk membuat pasien tenang dan rileks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek akupunktur telinga terhadap kecemasan dan tekanan darah serta frekuensi denyut nadi pasien pada prosedur EGD. Penelitian acak tersamar tunggal dengan kontrol ini melibatkan 40 pasien yang dibagi menjadi kelompok perlakuan yang mendapatkan akupunktur telinga menggunakan press needle pada titik shenmen, relaksasi dan zero point. Sedangkan kelompok kedua sebagai kontrol mendapatkan press needle sham pada titik yang sama. Pengukuran kecemasan dilakukan menggunakan kuesioner Spielberger State Anxiety Inventory (SAI) yang diberikan sebelum intervensi dan 10 menit setelah endoskopi selesai. Dilakukan pencatatan tekanan darah dan frekuensi nadi sebelum intervensi, selama dan setelah EGD. Terdapat penurunan skor SAI yang bermakna pada kelompok akupunktur (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Sri Wahdini - Nama Orang
Adiningsih Srilestari - Nama Orang
Hasan Mihardja - Nama Orang
Murdhani Abdullah - Nama Orang

No. Panggil
T 16 231 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Akupunktur Medik.,
Deskripsi Fisik
xiii, 51 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16231FKT16231FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Efek Akupunktur Telinga terhadap Kecemasan dan Respon Fisiologis Pasien pada Prosedur Esofagogastroduodenoskopi  = Effect of Auricular Acupuncture towards Patient Anxiety and Physiological Responses on The Esophagogastroduodenoscopy Procedure.

Related Collection