Skripsi

Aktivitas Antioksidan Ekstrak Daun Sirih Merah (Piper crocatum Ruiz & Pav) Pada Hewan Coba dengan Aktivitas Maksimal Secara In vivo dan In vitro = Antioxidant Activity of Sirih Merah Leaf (Piper crocatum Ruiz & Pav) on Animal Models with Physical Execise through In vivo and In vitro.

Reactive Oxygen Species merupakan salah satu produk akhir yang berasal dari metabolisme aerob. Mekanisme pertahanan tubuh terhadap radikal bebas yang berlebih yaitu meningkatkan produksi antioksidan endogen. Apabila tidak cukup maka dibutuhkan antioksidan eksogen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antioksidan pada ekstrak daun Piper crocatum Ruiz & Pav yang dilarutkan dalam ethanol 70%. Metode Penelitian menggunakan uji DPPH dengan spektrofotometri secara In vitro dan pengukuran kadar malondialdehid (MDA) plasma darah secara In vivo. Penelitian ini menggunakan 25 hewan coba yang dikelompokkan menjadi 5 kelompok. Setiap kelompok diberikan ekstrak dengan dosis yang berbeda selama 10 hari dan melakukan aktivitas fisik pada hari kesepuluh. Hasil Uji In vitro menunjukkan aktivitas antioksidan dan fraksi air yang memiliki nilai IC paling rendah sebesar 81,24 µg/mL. Hasil uji In vivo menunjukkan bahwa dosis yang memberikan secara efektif adalah 4 mg/200gBB. Pada data uji In vivo dilakukan uji statististik dengan uji T berpasangan dan uji Oneway ANOVA. Nilai p yang didapatkan dari Uji T berpasangan adalah 0,05 dan nilai p yang didapatkan dari uji One-way ANOVA

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Naufal Fadhil - Nama Orang
FATMAWATY - Nama Orang

No. Panggil
S16024FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xi, 45 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S16024FK
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
S16024FKS16024FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Aktivitas Antioksidan Ekstrak Daun Sirih Merah (Piper crocatum Ruiz & Pav) Pada Hewan Coba dengan Aktivitas Maksimal Secara In vivo dan In vitro = Antioxidant Activity of Sirih Merah Leaf (Piper crocatum Ruiz & Pav) on Animal Models with Physical Execise through In vivo and In vitro.

Related Collection