Tesis

Hubungan Antara Kecepatan Berjalan Dengan Risiko Jatuh Pada Orang Usia Lanjut = Correlation Between Walking Speed With Risk of Fall In Older People.

LATAR BELAKANG. Kecepatan berjalan jarak pendek merupakan pengukuran yang reliabel untuk menilai risiko jatuh dirumah sakit pada pasien usia lanjut. Dengan adanya penurunan kecepatan berjalan pada usia lanjut yang dipengaruhi oleh berbagai risiko jatuh dan besarnya masalah yang ditimbulkan oleh jatuh maka, perlu dilakukan penelitian. Saat ini belum ada penelitian yang menghubungkan korelasi antara kecepatan berjalan dengan besarnya risiko jatuh pada usia lanjut di Indonesia. METODE. Penelitian deskriptif analitik dengan periode sewaktu. Pada pasien usia lanjut dengan risiko jatuh ringan dan sedang secara consecutive sampling. Penilaian risiko jatuh dengan Berg Balance scale, kemudian dilakukan pemeriksaan kecepatan berjalan 10 meter. Penilaian korelasi Berg Balance scale dengan kecepatan berjalan. Menentukan hubungan antara kategori kecepatan berjalan dengan kategori risiko jatuh dilakukan uji Chi Square sehingga dapat menghitung Crude Odds Ratio dan adjusted Odds Ratio. HASIL. Terdapat korelasi positif sedang yang bermakna secara statistik antara nilai Berg Balance Scale dengan kecepatan berjalan (r=0,492, p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Rifalisanto - Nama Orang
Wanarani Alwin - Nama Orang
Ira Mistivani - Nama Orang
Kuntjoro Harimurti - Nama Orang

No. Panggil
T 16 169 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16169FKT16169FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan Antara Kecepatan Berjalan Dengan Risiko Jatuh Pada Orang Usia Lanjut = Correlation Between Walking Speed With Risk of Fall In Older People.

Related Collection