Tesis

Proporsi Hipotensi Ortostatik dan Hubungannya dengan Kadar HbA1c pada Pasien Diabetes Melitus Usia Lanjut = Proportion of Orthostatic Hypotension and Its Relationship with HbA1c Level in the Diabetic Elderly Patients.

Latar Belakang: Diabetes Melitus (DM) merupakan salah satu penyakit tersering pada usia lanjut. Salah satu komplikasi DM adalah neuropati otonom, dimana hipotensi ortostatik merupakan tanda dari neuropati otonom yang berat. Adanya Hipotensi ortostatik pada pasien DM usia lanjut meningkatkan risiko kejadian kardiovaskular dan kematian. Saat ini belum ada studi di Indonesia yang menggambarkan proporsi hipotensi ortostatik pada pasien DM usia lanjut. Selain itu studi tentang hubungan kadar HbA1c dengan kejadian hipotensi ortostatik pada subjek DM masih terbatas dan hasilnya masih kontroversial. Tujuan: Mendapatkan proporsi hipotensi ortostatik pada pasien DM usia lanjut dan hubungannya dengan kadar HbA1c. Metode: Penelitian ini merupakan studi potong lintang terhadap 350 penderita DM usia ≥60 tahun yang berobat di poliklinik Geriatri dan Diabetes RSCM periode Januari-Maret 2016. Hipotensi ortostatik didefinisikan sebagai penurunan tekanan darah sistolik ≥ 20mmHg dan atau tekanan diastolik ≥10mmHg dalam 3 menit setelah perubahan posisi dari berbaring ke berdiri. Pemeriksaan kadar HbA1c menggunakan alat Nycocard dari Axis Shield. Uji chi square digunakan untuk analisis bivariat dan regresi logsitik digunakan untuk analisis multivariat terhadap variabel perancu. Hasil Penelitian: Proporsi hipotensi ortostatik sebesar 27,4% pada subjek DM usia lanjut. Median HbA1c didapatkan lebih tinggi pada subjek dengan hipotensi ortostatik dibandingkan tanpa hipotensi ortostatik (7,6% vs 7,1%; p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Catarina Budyono - Nama Orang
Siti Setiati - Nama Orang
Dyah Purnamasari - Nama Orang
Cleopas Martin Rumende - Nama Orang

No. Panggil
T 16 161 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16161FKT16161FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Proporsi Hipotensi Ortostatik dan Hubungannya dengan Kadar HbA1c pada Pasien Diabetes Melitus Usia Lanjut  = Proportion of Orthostatic Hypotension and Its Relationship with HbA1c Level in the Diabetic Elderly Patients.

Related Collection