Skripsi

The Prevalence of Skin Disease in Students of a Pesantren in East Jakarta and Its Relation with Knowledge About Hygiene = Prevalensi Penyakit Kulit pada Murid di Sebuah Pesantren di Jakarta Timur dan Hubungannya dengan Pengetahuan Mengenai Kebersihan.

Pesantren, an Islamic boarding school in Indonesia, has a high risk of infection because it has low sanitation and is very crowded. VI The objective of the study is to know the prevalence of infectious skin disease in a pesantren in East Jakarta and analyze its relation with one of the contributing factors, which is knowledge about hygiene. The cross sectional study was done at a pesantren, located at East Jakarta. The data were obtained from all students by anamnesis and dermatological examinations done by dermatologists. Students were also asked to fill out some questionnaires to know their knowledge about hygiene. Data collection was done from January – May 2014, processed using SPSS 21, tested with Chi-square and Kolmogorov Smirnof Test. Result showed that the prevalence of infectious skin disease in male and female students of a pesantren in East Jakarta was 37.5% with no significant relationship between infectious skin disease and knowledge about hygiene both in male and female students
Keywords: prevalence, infectious skin disease, knowledge, hygiene, pesantren



Pesantren, asrama islam di Indonesia, mempunyai risiko yang cukup tinggi dalam penyebaran penyakit kulit infeksius karena sanitasi yang kurang dan tempatnya yang ramai. Tujuan dari riset ini adalah untuk mengetahui prevalensi dari penyakit kulit infeksius dan menganalisa hubungannya dengan pengetahuan mengenai kebersihan. Riset ini dilakukan di sebuah pesantren yang bertempatkan di Jakarta Timur dan menggunakan desain pembelajaran cross sectional. Data yang dibutuhkan diperoleh dari anamnesis dan pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh tim dokter kulit dari RSCM serta pengisian kuisioner oleh santri dan santriwati. Riset ini dilakukan dari bulan Januari 2013 hingga Juli 2014. Data yang terkumpul diolah menggunakan SPSS 21 dan diuji menggunakan uji Chi-square serta uji Kolmogorov Smirnof. Hasil dari riset ini menunjukkan bahwa prevalensi dari penyakit kulit infeksius di antara santri dan santriwati di sebuah pesantren di Jakarta Timur adalah 37.5% dengan tidak adanya hubungan yang signifikan antara penyakit kulit infeksius dan pengetahuan mengenai kebersihan.
Kata kunci: prevalensi, infeksi penyakit kulit, pengetahuan, kebersihan, pesantren.

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2014
Pengarang

Kamila Fitri Islami - Nama Orang
Saleha Sungkar - Nama Orang

No. Panggil
S 14 130 FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 KKI.,
Deskripsi Fisik
ix, 34 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
English
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 14 130 FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S14130FKS14130FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of The Prevalence of Skin Disease in Students of a Pesantren in East Jakarta and Its Relation with Knowledge About Hygiene = Prevalensi Penyakit Kulit pada Murid di Sebuah Pesantren di Jakarta Timur dan Hubungannya dengan Pengetahuan Mengenai Kebersihan.

Related Collection