Tesis

Pengaruh Puasa Ramadan terhadap Inflamasi dan Stres Oksidatif pada Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) yang Mendapat Antiretroviral = Effect of Ramadan fasting on Inflammation and Oxidative Stress in HIV Patients Receiving Antiretroviral Therapy .

Latar Belakang: Pada ODHA didapatkan peningkatan inflamasi dan stres oksidatif. Puasa Ramadan dapat memperbaiki inflamasi dan stres oksidatif, namun penelitian pada ODHA yang mendapat antiretroviral belum pernah dilakukan. Tujuan: Mengetahui pengaruh puasa Ramadan terhadap high sensitivity Creactive protein (hs-CRP) dan status antioksidan total (SAT) pada ODHA yang mengonsumsi antiretroviral. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian prospektif pada 29 orang ODHA dengan ARV yang berpuasa dan 29 yang tidak berpuasa. Kriteria inklusi yaitu pria, 20-40 tahun, mendapat ARV lini 1 minimal 6 bulan, serta tidak dalam fase inisiasi pengobatan untuk infeksi oportunistik. Pasien yang mendapat steroid atau imunosupresan lain atau pasien dengan adherens minum ARV kurang dari 95% dieksklusi. Pemeriksaan kadar hs-CRP dan SAT dilakukan sebelum dan saat puasa Ramadan (setelah 14 hari puasa). Hasil: Karakteristik baseline usia, hitung CD4, HIV-RNA, kombinasi ARV, status hepatitis B dan C, serta kadar hs-CRP tidak berbeda antara kelompok berpuasa dengan kontrol. Setelah dua minggu, terdapat penurunan signifikan hsCRP pada kelompok yang berpuasa dibandingkan kontrol (p=0,004). Median perubahan hs-CRP pada kelompok puasa adalah -0,41 (IQR -1; 0,1) mg/L, sedangkan pada kelompok kontrol adalah 0,2 (IQR -0,3; 1,5) mg/L. Konsumsi polyunsaturated fatty acid, berat badan, jumlah rokok, dan jumlah jam tidur per hari menurun selama puasa Ramadan (berturut-turut p=0,029; p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Alvina Widhani - Nama Orang
Evy Yunihastuti - Nama Orang
Fiastuti Witjaksono - Nama Orang
Siti Setiati - Nama Orang

No. Panggil
T 16 139 FK
Penerbit
Jakarta : PPDS Sp-2 Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xvi, 70 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16139FKT16139FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pengaruh Puasa Ramadan terhadap Inflamasi dan Stres Oksidatif pada Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) yang Mendapat Antiretroviral  = Effect of Ramadan fasting on Inflammation and Oxidative Stress in HIV Patients Receiving Antiretroviral Therapy .

Related Collection