Tesis

Profil Keterlambatan Terapi Akibat Keterlambatan Dokter dan Sistem pada Pasien Kanker yang Dirujuk ke Departemen Radioterapi RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Mei - Agustus 2015 = Delay Treatment Profile Due Doctor and Systems delay in Cancer Patients Referred to Radiotherapy Department RSUPN Dr. Cipto Mangunkusomo May to August, 2015.

Latar Belakang Penyakit kanker merupakan penyakit yang sangat kompleks sehingga memerlukan pendekatan multidisiplin baik dalam diagnostik maupun terapi. Durasi penegakkan diagnosis dan terapi pada pasien kanker mempengaruhi hasil akhir pasien tersebut. Keterlambatan terapi dapat disebabkan oleh keterlambatan dokter dalam merujuk pada pelayanan kesehatan primer dan keterlambatan sistem pelayanan kesehatan pada proses penegakkan diagnosis dan dimulainya terapi definitif pada kanker. Tujuan dan Metode Penelitian ini merupakan studi analisis deskriptif menggunakan metode campuran kuantitatif dan kualitatif untuk mengetahui data insidens keterlambatan terapi karena keterlambatan dokter dan keterlambatan sistem pada pasien kanker yang dirujuk ke Departemen Radioterapi RSUPN Dr. Cipto Mangunkusmo pada bulan Mei - Agustus 2015 serta mengevaluasi faktor yang mempengaruhi keterlambatan tersebut. Hasil Terdapat 294 orang pasien yang diikutsertakan dalam penelitian ini setelah mendapatkan persetujuan tertulis. Pada keterlambatan terapi akibat keterlambatan dokter, dari 62 pasien yang dirujuk dari pelayanan kesehatan primer didapatkan 18 pasien (29%) mengalami keterlambatan rujukan. Keterlambatan diagnosis terjadi pada 78 pasien (26,5%). Sedangkan pada keterlambatan tindakan pengobatan terjadi pada 172 pasien (58,5%). Dari seluruh pasien didapatkan 132 pasien (45%) mengalami keterlambatan dokter dan sistem. Berdasarkan analisis statistik menunjukkan adanyan hubungan yang signifikan antara keterlambatan rujukan (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Sigit Wirawan - Nama Orang
Soehartati A. Gondhowiardjo - Nama Orang
Adang Bachtiar Kanta Atmaja - Nama Orang
Andika Rachman - Nama Orang

No. Panggil
T 16 137 FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Spesialis Onkologi Radiasi.,
Deskripsi Fisik
xiii, 55 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16137FKT16137FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Profil Keterlambatan Terapi Akibat Keterlambatan Dokter dan Sistem pada Pasien Kanker yang Dirujuk ke Departemen Radioterapi RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Mei - Agustus 2015 = Delay Treatment Profile Due Doctor and Systems delay in Cancer Patients Referred to Radiotherapy Department RSUPN Dr. Cipto Mangunkusomo May to August, 2015.

Related Collection