Tesis

Gambaran Histomorfologi Penanda Adenokarsinoma Serrated Pada Kasus Karsinoma Kolorektal di Departemen Patologi Anatomi FKUI/RSCM = Histomorphological Features as Markers of Serrated Adenocarcinoma of The Colorectal in Department of Anatomical Pathology Faculty of Medicine Universitas Indonesia.

Latar Belakang :Karsinoma kolorektal (KKR) merupakan salah satu kanker tersering di dunia dan menjadi beban kesehatan global. KKR dapat muncul melalui 4 jalur patogenenis yang berbeda, salah satu di antaranya adalah serrated pathway. Pengaktifan jalur ini mengakibatkan perubahan progresif lesi-lesi prekursor seperti polip serrated, termasuk di dalamnya sessile serrated adenoma (SSA) dan tradisional serrated adenoma (TSA), menjadi karsinoma, diantaranya adenokarsinoma serrated (AS). AS diduga memberikan prognosis yang buruk terhadap pengobatan. Gambaran histomorfologi adenokarsinoma serrated lebih banyak didasarkan pada kemiripan dengan lesi prekursor SSA atau TSA, sehingga sulit dikenali. Penelitian ini bertujuan mengetahui persentasi AS diantara kasus KKR di Departemen Patologi Anatomik FKUI/RSCM, dan mengetahui gambaran histomorfologi yang bermakna dalam menandakan AS. Bahan dan Metode :Dilakukan review slide dari kasus-kasus KKR yang tercatat di arsip Departemen Patologi Anatomik FKUI/RSCM. Penilaian histomorfologi dilakukan berdasarkan kriteria yang diajukan oleh Tuppurainen et al, meliputi epithelial serration, sitoplasma eosinofilik, inti vesikuler, anak inti nyata, nekrosis, produksi musin, dan adanya cell balls. Kasus dikategotikan ke dalam “Pasti” dan “Samar” AS, serta “Klasik”. Dilakukan juga penilaian faktor prognostik, berupa invasi limfovaskular, invasi perineural, infiltrasi limfosit, dan tumor budding. Hasil :Didapatkan 41 kasus (35%) tergolong kategori ”Pasti” AS, 11 kasus (9.4%) tergolong ”Samar” AS, dan sisanya sebanyak 65 kasus (55.6%) tergolong kategori adenokarsinoma ”Klasik”. Didapatkan pula bahwa kriteria histomorfologi yang dapat dijadikan penanda serrated adalah epithelial serration (p=0.029), anak inti nyata (p=0.041), dan nekrosis

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Nur Rahadiani - Nama Orang
Diah Rini Handjari - Nama Orang
Budiningsih Siregar - Nama Orang

No. Panggil
T 16 112 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Patologi Anatomik.,
Deskripsi Fisik
xiv, 69hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16112FKT16112FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Gambaran Histomorfologi Penanda Adenokarsinoma Serrated Pada Kasus Karsinoma Kolorektal di Departemen Patologi Anatomi FKUI/RSCM = Histomorphological Features as Markers of Serrated Adenocarcinoma of The Colorectal in Department of Anatomical Pathology Faculty of Medicine Universitas Indonesia.

Related Collection