Tesis

Pemeriksaan Ultrasonografi Sederhana sebagai Alat Diagnostik Tumor Ovarium Ganas di RSUPN Cipto Mangunkusumo Jakarta = A Simple Ultrasound Examination (USG) as a Diagnostic Tool for Malignant Ovarian Tumors in Cipto Mangunkusumo Hospital, Jakarta.

Latar Belakang: Kanker ovarium menduduki peringkat ke-3 sebagai kanker tersering pada perempuan di Indonesia. Keganasan ovarium dianggap sebagai silent killer karena tidak memiliki gejala yang signifikan pada stadium awal sehingga hampir 50% pasien datang sudah pada stadium lanjut. Oleh karena itu, diperlukan alat skrining di pelayanan primer untuk mendeteksi keganasan ovarium dan salah satu modalitas pemeriksaan adalah ultrasonografi sederhana. Tujuan: Mengetahui nilai diagnostik pemeriksaan ultrasonografi sederhana dalam menilai keganasan tumor ovarium dibandingkan hasil histopatologi pascaoperasi. Metode: Penelitian ini merupakan studi potong lintang pada pasien tumor ovarium di polikinik Ginekologi RSCM Jakarta yang dilakukan operasi pada bulan Maret hingga Juli 2015. Sampel penelitian diambil dengan metode consecutive sampling. Analisis menggunakan uji Chi-square dan regresi logistik untuk mencari hubungan antara pola morfologi ultrasonografi dengan hasil histopatologi dimana terdapat hubungan bermakna apabila nilai p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Christin Wigin Hia - Nama Orang
ANDRIJONO - Nama Orang

No. Panggil
T 15 580 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Obstetri dan Ginekologi.,
Deskripsi Fisik
xiv, 40 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15580FKT15580FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pemeriksaan Ultrasonografi Sederhana sebagai Alat Diagnostik Tumor Ovarium Ganas di RSUPN Cipto Mangunkusumo Jakarta = A Simple Ultrasound Examination (USG) as a Diagnostic Tool for Malignant Ovarian Tumors in Cipto Mangunkusumo Hospital, Jakarta.

Related Collection