Tesis

Peran Prokalsitonin dan CRP sebagai Prediktor Mortalitas Tujuh Hari pada Pasien ARDS di RSCM = The Role of Procalcitonin and CRP as Mortality Predictors on Seventh Day of ARDS Patients in RSCM.

Latar Belakang: Angka mortalitas ARDS khususnya di RSCM masih tinggi, sebesar 75,3%. Prokalsitonin dan CRP bisa dipakai sebagai prediktor mortalitas pada ARDS. Saat ini belum didapatkan penelitian yang fokus pada peran PCT dan CRP sebagai prediktor mortalitas tujuh hari pada pasien ARDS di Indonesia. Tujuan: Mengetahui peran PCT dan CRP sebagai prediktor mortalitas tujuh hari pada pasien ARDS di RSCM. Metode: Penelitian ini menggunakan disain kohort prospektif yang dilakukan secara konsekutif pada pasien ARDS di RSCM, November 2015-Januari 2016. Saat pasien didiagnosis ARDS, dalam 6-24 jam dilakukan pemeriksaan PCT dan CRP, diobservasi selama tujuh hari, lalu dilakukan analisis statistik. Data kategorikal disajikan dalam jumlah dan persentase. Data numerik dengan sebaran tidak normal disajikan dalam bentuk median dan rentang. Variabel faktor-faktor yang memengaruhi mortalitas diuji dengan analisis bivariat (menggunakan uji Mann Whitney bila memenuhi persyaratan distribusi tidak normal). Untuk menentukan cutoff PCT dan CRP dipakai kurva ROC dengan mencari sensitivitas dan spesifisitas yang terbaik. Hasil: Dari 66 pasien ARDS, didapatkan 40 (60,61%) meninggal dan 26 (39,39%) hidup. Uji normalitas PCT dan CRP didapatkan distribusi dari data-data tersebut tidak normal. Dengan uji Kolmogorov-Smirnov didapatkan p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Chrispian Oktafbipian Mamudi - Nama Orang
Zulkifli Amin - Nama Orang
Rudyanto Sedono - Nama Orang
Cleopas Martin Rumende - Nama Orang

No. Panggil
T 16 093 FK
Penerbit
Jakarta : PPDS Sp-2 Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xviii, 62 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16093FKT16093FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Peran Prokalsitonin dan CRP sebagai Prediktor Mortalitas Tujuh Hari pada Pasien ARDS di RSCM = The Role of Procalcitonin and CRP as Mortality Predictors on Seventh Day of ARDS Patients in RSCM.

Related Collection