Tesis

Efek Inhalasi Lidokain terhadap Perubahan Laju Nadi dan Tekanan Darah pada Tindakan Laringoskopi dan Intubasi Dibandingkan dengan Inhalasi NaCl 0,9% = Effect of Lidocaine Inhalation toward Heart Rate and Blood Pressure Changes on Laryngoscopy and Intubation in Comparison to NaCl 0.9% Inhalation.

Latar belakang: Prosedur laringoskopi dan intubasi merupakan prosedur di bidang anestesi yang sering dilakukan namun merupakan prosedur yang mencetuskan rangsang nyeri yang hebat. Tekanan darah dan laju nadi dapat meningkat karena rangsang simpatis. Respon kardiovaskular tersebut dapat berbahaya pada pasien yang rentan, terutama yang memiliki masalah gangguan jantung ataupun serebrovaskular. Salah satu metode untuk mengurangi hal tersebut adalah penggunaan anestesi, termasuk dengan lidokain. Peningkatan kadar plasma lidokain yang diberikan dengan intravena dapat menimbulkan berbagai efek samping. Penelitian ini bertujuan untuk menilai efek lidokain yang diberikan secara inhalasi. Metode. Penelitian ini merupakan uji klinis acak tersamar ganda terhadap pasien di Instalasi Bedah Pusat RSUPN Cipto Mangunkusumo Jakarta. Sebanyak 24 pasien diberikan inhalasi lidokain 1,5 mg/kgbb dan 25 subjek diberikan inhalasi NaCl 0.9% sebelum tindakan laringoskopi dan intubasi. Paramater kardiovaskular yang diteliti yakni perubahan tekanan darah sistolik, diastolik, mean arterial pressure (MAP) dan laju nadi yang dinilai secara serial. Hasil. Pada menit pertama pasca intubasi, MAP dan laju nadi pada kelompok NaCl lebih tinggi, dengan perbedaan MAP sebesar 15,5 mmHg(9,2-21,7 95%IK; p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

M. Prakoso Adji - Nama Orang
PRYAMBODHO - Nama Orang
Ratna F. Soenarto - Nama Orang

No. Panggil
T 16 091 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Anestesiologi dan Terapi Intensif.,
Deskripsi Fisik
xiii, 53 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16091FKT16091FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Efek Inhalasi Lidokain terhadap Perubahan Laju Nadi dan Tekanan Darah pada Tindakan Laringoskopi dan Intubasi Dibandingkan dengan Inhalasi NaCl 0,9% =  Effect of Lidocaine Inhalation toward Heart Rate and Blood Pressure Changes on Laryngoscopy and Intubation in Comparison to NaCl 0.9% Inhalation.

Related Collection