Tesis

Faktor – Faktor yang Memengaruhi Kejadian Penyakit Jamur Invasif Dini Pada Pasien Sakit Kritis di RSCM = Factors Associated With Early Invasive Fungal Disease In Critically Ill Patient in Cipto Mangunkusumo Hospital.

Latar Belakang: Kejadian penyakit jamur invasif saat ini sedang meningkat di seluruh dunia dalam 2 hingga 3 dekade terakhir. Kelompok pasien sakit kritis lebih rentan terhadap kejadian penyakit jamur invasif, dimana penyakit ini merupakan kejadian yang mengkhawatirkan pada pasien perawatan di Intensive Care Unit (ICU). Diagnosis dan terapi dini sangat penting untuk mendapatkan hasil akhir lebih baik, yang disertai dengan penurunan morbiditas dan mortalitas. Tujuan: Mengetahui faktor – faktor yang memengaruhi kejadian penyakit jamur invasif dini pada pasien sakit kritis di RSCM. Metode: Penelitian ini merupakan studi kohort prospektif pada pasien sakit kritis yang dirawat di RSCM (Maret 2015 – September 2015). Jumlah subjek pada penelitian ini diambil berdasarkan jumlah subjek terbanyak dari salah satu faktor yaitu 74 subjek. Pada hari perawatan ke-5-7, dilakukan pengambilan spesimen sesuai dengan standar operasional Pengendalian dan Pencegahan Infeksi Rumah Sakit (PPIRS). Analisis multivariat dengan metode regresi logistik dilakukan pada variabel faktor yang pada analisis bivariat memberikan hasil nilai ‘p’

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Gurmeet Singh - Nama Orang
Dita Aditianingsih - Nama Orang
Cleopas Martin Rumende - Nama Orang
Ceva Wicaksono Pitoyo - Nama Orang

No. Panggil
T 16 088 FK
Penerbit
Jakarta : PPDS Sp-2 Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xviii, 64 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16088FKT16088FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Faktor – Faktor yang Memengaruhi Kejadian Penyakit Jamur Invasif Dini Pada Pasien Sakit Kritis di RSCM = Factors Associated With Early Invasive Fungal Disease In Critically Ill Patient in Cipto Mangunkusumo Hospital.

Related Collection