Tesis

Ekspresi CDC25A pada Meiotic Arrest sebagai Penyebab Kegagalan Spermatogenesis pada Sediaan Biopsi Testis Lakilaki Infertil = Expression of CDC25A in Meiotic Arrest as an Etiology of Spermatogenic Failure in Testicular Biopsy Samples of Infertile Men.

Spermatogenesis merupakan proses perkembangan sel-sel germinal yang sangat ketat diregulasi. Perubahan pada morfologi sel selama diferensiasi atau migrasi dalam tubulus seminiferus menunjukkan keterlibatan banyak gen. Spermatogenesis terdiri dari tahap mitosis, meiosis dan spermiogenesis. Salah satu gen yang berperan pada meiosis adalah Cell Division Cycle 25A (CDC25A). CDC25A merupakan anggota dari M-phase inducer (MPI), protein famili fosfatase yang tidak hanya meregulasi progresi meiosis melalui aktivasi CDK tetapi juga penting untuk transisi fase G1 ke fase S pada interfase. CDC25A juga memiliki hubungan dalam kegagalan spermatogenesis yaitu dengan menurunkan level transkrip dari CDC25A dan gagalnya sperm retrieval pada laki-laki infertil, Pemeriksaan infertilitas pada kasus azoospermia akibat kegagalan spermatogenesis terbatas pada pemeriksaan histologi dari sampel biopsi testis, oleh sebab itu diperlukan penelitian dibidang molekular untuk mengetahui kandidat gen yang dapat digunakan sebagai marker dalam meningkatkan kualitas pemeriksaan biopsi testis. Penelitian ini merupakan studi potong lintang (cross section) dengan menggunakan 45 sampel biopsi testis dengan kategori penilaian Johnsen dari penilaian 3 sampai 8. Analisis ekspresi mRNA CDC25A menggunakan kuntitas relatif dengan qRT-PCR dan analisis ekspresi protein dengan perhitungan jumlah sel positif dengan menggunakan metode imunohistokimia. Analisis statistik yang dilakukan adalah uji korelasi Spearman Rho. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat penurunan ekspresi relatif mRNA dan ekspresi protein pada penilaian Johnsen 5. Korelasi antara nilai ekspresi mRNA dan ekspresi protein CDC25A terdapat korelasi positif yang sedang antara ekspresi mRNA dan persentase jumlah sel positif protein CDC25A dengan nilai r= 0,546 dan nilai p = 0,010 (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Sari Setyaningsih - Nama Orang
YURNADI - Nama Orang
Dwi Anita Suryandari - Nama Orang

No. Panggil
T 16 081 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Magister Ilmu Biomedik.,
Deskripsi Fisik
xviii, 92 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16081FKT16081FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Ekspresi CDC25A pada Meiotic Arrest sebagai Penyebab Kegagalan Spermatogenesis pada Sediaan Biopsi Testis Lakilaki Infertil = Expression of CDC25A in Meiotic Arrest as an Etiology of Spermatogenic Failure in Testicular Biopsy Samples of Infertile Men.

Related Collection