Tesis

Pengaruh Kerja Gilir dan Beberapa Faktor Lain Terhadap Risiko Berat Badan Lebih pada Pekerja Wanita di Pabrik Sepatu PT. X di Jawa Barat Tahun 2015 = Effect of Shift Work and Other Factors to Overweight Risk on Female Workers in Shoes Manufacturer PT. X in West Java 2015.

Berat badan lebih dan obesitas permasalahan yang meningkat pada pekerja. Salah satu faktor yang dianggap berhubungan adalah kerja gilir. Penelitian ini menggunakan desain kasus kontrol. Populasi penelitian adalah pekerja wanita di pabrik sepatu di Jawa Barat. Subyek dengan IMT ≥ 23 disebut kelompok kasus dan subyek dengan IMT < 22,9 disebut kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan adalah demografi, status gizi, asupan kalori, pola makan, aktivitas fisik, masa kerja dan pola kerja gilir. Pengumpulan data dilakukan menggunakan alat ukur (timbangan berat badan dan pita pengukur) serta wawancara menggunakan kuesioner. Dari 490 sampel, subyek yang kerja gilir (shift) sebanyak 201 orang. Sejumlah 51,7% dari yang bekerja gilir memiliki berat badan lebih/obesitas. Tidak didapatkan hubungan yang bermakna antara kerja gilir dengan berat badan lebih/obesitas. Pada analisis multivariat didapatkan bahwa subyek yang berusia lebih dari 30 tahun, menikah, memiliki riwayat berat badan lebih dalam keluarga, asupan kalori lebih, serta kebiasaan konsumsi karbohidrat dan protein yang sering dalam enam bulan terakhir memberikan pengaruh terhadap berat badan lebih/obesitas. Kerja gilir bukan merupakan faktor risiko terhadap berat badan lebih/obesitas. Usia, status pernikahan, riwayat berat badan dalam keluarga, asupan kalori, kebiasaan konsumsi karbohidrat dan protein, merupakan risiko untuk terjadinya obesitas pada pekerja wanita di pabrik sepatu.
Kata kunci : Berat badan lebih, kerja gilir, pekerja wanita



Overweight and obesity are increasing in worker. Being overweight and obesity leads to degenerative diseases which effect on absenteeism and employees’ productivity. The design of this study is case control. Population of research is female workers in shoes manufacturer. Subject with BMI ≥ 23 grouped as case and subject with BMI

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Dyah Sukmawardhani - Nama Orang
Indah Suci Widyahening - Nama Orang
Dian Kusuma Dewi - Nama Orang

No. Panggil
T16078FK
Penerbit
Jakarta : .,
Deskripsi Fisik
xv, 61 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16078FKT16078FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pengaruh Kerja Gilir dan Beberapa Faktor Lain Terhadap Risiko Berat Badan Lebih pada Pekerja Wanita di Pabrik Sepatu PT. X di Jawa Barat Tahun 2015 = Effect of Shift Work and Other Factors to Overweight Risk on Female Workers in Shoes Manufacturer PT. X in West Java 2015.

Related Collection