Tesis

Lama Waktu Pencapaian Target Kalori Setelah Penggunaan Algoritme Pemberian Nutrisi Enteral Pada Pasien Anak Di PICU = Time to Reach Energy Goal After Implementation Of Enteral Nutrition Algorithm in PICU.

Latar belakang. Algoritme pemberian nutrisi enteral secara dini direkomendasikan sebagai strategi pelaksanaan pemberian nutrisi pada anak sakit kritis sehingga target kalori dapat dicapai dalam waktu singkat. Saat ini belum ada algoritme pemberian nutrisi enteral standard di PICU RSCM untuk mencapai target kalori optimal.. Tujuan. mengevaluasi lama waktu tercapainya target kalori (Predicted Energy Expenditure/PEE) dengan menggunakan algoritme pemberian nutrisi enteral dibandingkan dengan lama waktu tercapainya PEE sebelum algoritme diterapkan di PICU RSCM. Metode. Penelitian dilakukan di PICU RSCM dengan pasien berusia 1 bulan - 18 tahun dan lama rawatan di atas 24 jam dan mendapatkan nutrisi enteral. Penelitian retrospektif dilakukan pada 37 rekam medis pasien rawatan PICU pada bulan Juli – September 2015 (kelompok sebelum menggunakan algoritme nutrisi enteral). Penelitian prospektif dilakukan di bulan Oktober – Desember 2015 pada 37 pasien yang mendapatkan nutrisi enteral sesuai algoritme (kelompok menggunakan algoritme nutrisi enteral). Hasil. Kelompok yang menggunakan algoritme memiliki lama waktu tercapainya PEE lebih singkat dibandingkan kelompok sebelum menggunakan algoritme (median 24 jam vs 74 jam, p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Yunnie Trisnawati - Nama Orang
Antonius H. Pudjiadi - Nama Orang

No. Panggil
T16075FK
Penerbit
Jakarta : PPDS Sp-2 Ilmu Kesehatan Anak.,
Deskripsi Fisik
xv, 71 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16075FKT16075FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Lama Waktu Pencapaian Target Kalori Setelah Penggunaan Algoritme Pemberian Nutrisi Enteral Pada Pasien Anak Di PICU = Time to Reach Energy Goal After Implementation Of Enteral Nutrition Algorithm in PICU.

Related Collection