Tesis

Gambaran kadar fibrin monomer pada gestational hypertension dan preeklampsia = Description of fibrin monomer levels in gestational hypertension and preeclampsia.

Hipertensi merupakan kelainan yang umum dijumpai pada kehamilan. Sekitar 70% wanita hamil mengalami gestational hypertension dan preeklampsia. Disfungsi endotel pada preeklampsia menyebabkan permukaan endotel yang nontrombogenik menjadi trombogenik sehingga dapat terjadi aktivasi koagulasi. Preeklampsia meningkatkan keadaan hiperkoagulabel yang sudah ada pada kehamilan normal. Gestational hypertension pada wanita hamil adalah hipertensi yang tidak memenuhi kriteria preeklampsia. Hampir setengah dari pasien dengan gestational hypertension akan berkembang menjadi preeklampsia. Fibrin monomer merupakan petanda aktivasi koagulasi yang digunakan pada keadaan pretrombotik oleh karena terbentuk terlebih dahulu pada keadaan hiperkoagulabel daripada D-dimer yang terbentuk setelah fibrinolisis. Tujuan penelitian adalah mendapatkan gambaran fibrin monomer pada gestational hypertension dan preeklampsia. Penelitian ini adalah penelitian potong lintang pada 30 wanita hamil gestational hypertension dan 30 wanita hamil preeklampsia yang dilakukan pada Oktober sampai November 2015. Pemeriksaan FM menggunakan reagen STA-Liatest memakai koagulometer STA Compact Analyzer. Kadar fibrin monomer pada gestational hypertension didapatkan mean 4,61 µg/mL dengan standar deviasi 0,86 µg/mL. Kadar fibrin monomer pada preeklampsia didapatkan median 10,5 µg/mL dengan mean 11.99 µg/mL dan rentang 6,12 – 23,26 µg/mL. Didapatkan perbedaan bermakna kadar fibrin monomer pada gestational hypertension dan preeklampsia dengan nilai p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Wilia Candra - Nama Orang
Diana Aulia - Nama Orang
Arini Setiawati - Nama Orang
Kanadi Sumapradja - Nama Orang

No. Panggil
T 16 064 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Patologi Klinik.,
Deskripsi Fisik
xv, 55 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16064FKT16064FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Gambaran kadar fibrin monomer pada gestational hypertension dan preeklampsia = Description of fibrin monomer levels in gestational hypertension and preeclampsia.

Related Collection