Tesis

Perbandingankeluaran tata laksana reseksi anastomosis langsung dengan reseksi anastomosis ditunda pada pasien intussusepsi = Intussusception: resection and anastomosis versus delayed anastomosis.

Pendahuluan: Intussusepsi merupakan kegawatdaruratan yang sering terjadi pada anak di bawah dua tahun dengan salah satu plihan tata laksananya adalah operasi. Dalam terapi operatif dapat dilakukan dengan dua jenis operasi yaitu reseksi anastomosis langsung atau pembuatan stoma sementara. Studi ini dilakukan untuk mengevaluasi keluaran kedua jenis operasi tersebut berupa lama rawat, masa awal asupan oral, infeksi daerah operasi dan re-operasi. Metode: Studi retrospektif dengan desain potong lintang berdasarkan kelompok jenis operasi reseksi anastomosis langsung atau pembuatan stoma sementara dilakukan di RSCM melalui penelusuran rekam medis. Pengambilan sampel secara consecutive sampling dengan kriteria inklusi usia 0-18 th, menjalani operasi reseksi anastomosis langsung/ditunda di RSCM, sedangkan kriteria ekslusi adalah data tidak lengkap atau tidak dilakukan reseksi. Data diolah secara statistik dengan analisis komparatif numerik dengan uji Chi-square atau uji T tidak berpasangan bila sebaran data normal, bila tidak normal dengan uji MannWhitney. Hasil: Terdapat 106 subjek dilakukan operasi dengan 40 subjek menjalani operasi reseksi anastomosis langsung dan 46 subjek dengan pembuatan stoma sementara, serta 20 subjek dieklusi karena tidak dilakukan reseksi. Lama rawat inap dengan median 11 hari (4-36 hari), dengan masa awal asupan oral dengan median tiga hari (1-7 hari), durasi gejala dengan median tiga hari (

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Syarifuddin Anshari - Nama Orang
Yefta Moenadjat - Nama Orang
Ahmad Yani - Nama Orang
Grace Wangge - Nama Orang

No. Panggil
T 15 567 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Bedah.,
Deskripsi Fisik
x, 49 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15567FKT15567FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Perbandingankeluaran tata laksana reseksi anastomosis langsung dengan reseksi anastomosis ditunda pada pasien intussusepsi = Intussusception: resection and anastomosis versus delayed anastomosis.

Related Collection