Tesis

Prevalens Depresi pada PPOK Stabil di poliklinik Asma/PPOK RSUP Persahabatan dan Hubungannya dengan Kualitas Hidup = Depression Prevalence In Stable Chronic Obstructive Pulmonary Disease and Its Relationship To Quality Of Life in Persahabatan Hospital.

Latar belakang : Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) merupakan penyebab utama morbiditas dan mortalitas di dunia.. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit tidak menular yang menjadi masalah kesehatan masyarakat di Indonesia. Penyakit ini mempunyai beberapa komorbid seperti osteoporosis, gagal jantung, diabetes dan depresi. Depresi merupakan gangguan emosional yang sering terjadi pada penderita PPOK dan makin menurunkan kualitas hidup penderita namun sering tidak terdiagnosis di pelayanan kesehatan. Objektif : Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan angka prevalens depresi pada pasien PPOK stabil di RSUP Persahabatan Jakarta dan hubungannya dengan kualitas hidup. Metode : Desain penelitian ini adalah potong lintang. Pasien PPOK stabil berkunjung ke poliklinik Asma/PPOK RSUP Persahabatan yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Subjek dilakukan anamnesis, pemeriksaan fisis dan spirometri untuk memastikan diagnosis PPOK dan pembagian grup dilanjutkan dengan wawancara menggunakan MINI ICD 10 (Mini International Neuropsychiatric Interview - International Classification of Disease 10) kemudian dilakukan analisis statistik. Hasil : Subjek terbanyak adalah laki-laki (92,9%) dengan kelompok usia > 65 tahun (48,9%). Jumlah depresi adalah 27 orang dari total 141 subjek dengan prevalens 19,1%. Penelitian ini mendapatkan bahwa nilai CAT sedang berat (≥ 10) mempunyai kualitas hidup yang lebih rendah dan berisiko 14 kali terjadi depresi dibanding CAT ringan (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Nur Nina Rosrita - Nama Orang
Faisal Yunus - Nama Orang
Tribowo Tuahta Ginting - Nama Orang

No. Panggil
T 15 563 FK
Penerbit
Jakarta : Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi.,
Deskripsi Fisik
xi, 55 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15563FKT15563FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Prevalens Depresi pada PPOK Stabil di poliklinik Asma/PPOK RSUP Persahabatan dan Hubungannya dengan Kualitas Hidup = Depression Prevalence In Stable Chronic Obstructive Pulmonary Disease and Its Relationship To Quality Of Life in Persahabatan Hospital.

Related Collection