Tesis

Hubungan Antara Latar Belakang Dan Tingkat Pendidikan Dokter Dengan Tingkat Kesesuaian Terapi Nyeri Pada Pasien Kanker Dengan Pedoman Terapi Nyeri WHO = Relationship between doctors background and level of education toward pain therapy adequacy in cancer patients using WHO guideline for pain therapy.

Latar Belakang: Di Indonesia diperkirakan ada 100 pasien kanker baru per 100.000 penduduk setiap tahun dan nyeri menjadi salah satu masalah utama yang dihadapi pasien dengan kanker. Paint Management Index (PMI) adalah suatu instrumen untuk menilai tingkat kesesuaian terapi nyeri kanker yang dibuat berdasarkan panduan terapi nyeri kanker WHO dan Agency for Health Care Policy and Research (AHCPR). Kesesuaian terapi nyeri dinyatakan baik bila pemberian obat analgesik sesuai dengan kualitas nyeri yang dikeluhkan pasien. Tujuan: Mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan dan latar belakang dokter PPDS dengan tingkat kesesuaian terapi nyeri pada pasien kanker berdasarkan PMI. Metode: Penelitian ini menggunakan desain potong lintang. Populasi penelitian adalah pasien kanker yang berobat rawat jalan maupun rawat inap di RSCM. Sampel diambil dengan metode consecutive. Data penelitian didapatkan melalui wawancara Subjek penelitian. Data dianalisis menggunakan uji chi-square dan nilai p yang dianggap bermakna apabila kurang dari 0,05. Hasil: Sampel sebanyak 98 pasien kanker dengan rerata usia 47,2 ± 13,4 tahun dan jenis kelamin terbanyak adalah perempuan (52%). Lokasi kanker tertinggi pada daerah genital (23,5%) dengan stadium kanker terbanyak pada stadium 3 (38,7%). Median intensitas nyeri sebelum dan sesudah terapi ada pada skala nyeri 4 (1-9) dan 1 (0-6). Latar belakang pendidikan dokter berasal dari 5 departemen dengan tahun pendidikan terbanyak pada tahun ketiga (54,1%). Proporsi kesesuaian terapi Antinyeri (Skor PMI ≥ 0) sebesar 54,1%. Hubungan antara kesesuaian terapi nyeri dengan latar belakang pendidikan dokter PPDS (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Fandy Erlangga Putra - Nama Orang
Andhika Rachman - Nama Orang
Rudi Putranto - Nama Orang

No. Panggil
T 15 553 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xviii, 65 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15553FKT15553FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan Antara Latar Belakang Dan Tingkat Pendidikan Dokter Dengan Tingkat Kesesuaian Terapi Nyeri Pada Pasien Kanker Dengan Pedoman Terapi Nyeri WHO = Relationship between doctors background and level of education toward pain therapy adequacy in cancer patients using WHO guideline for pain therapy.

Related Collection