Tesis

Pengaruh Terapi Kombinasi Akupunktur Tanam Benang dan Medikamentosa Terhadap Gejala dan Kualitas Hidup Penderita Gastroesophageal Reflux Disease = Effect of Acupoint-catgut Embedment Combined with Medical Treatment on Symptoms and Quality of Life of Gastroesophageal Reflux Disease Patients.

Gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan suatu kondisi patologis yang disebabkan oleh refluks kandungan lambung ke dalam esofagus. GERD memiliki dampak yang besar terhadap penderitanya baik secara fisik, psikologik, sosial maupun ekonomi. Penurunan kualitas hidup dan produktifitas kerja sering ditemukan pada penderita GERD. Berbagai terapi farmakologis telah dikembangkan, namun belum memberikan hasil yang optimal. Hal tersebut mendorong pengembangan modalitas terapi lain, salah satunya akupunktur tanam benang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas terapi kombinasi akupunktur tanam benang dan medikamentosa terhadap gejala dan kualitas hidup penderita GERD. Uji klinis acak tersamar ganda dengan pembanding dilakukan terhadap 52 penderita GERD yang dialokasikan secara acak ke dalam kelompok kombinasi akupunktur tanam benang dan medikamentosa (kelompok perlakuan) atau kelompok akupunktur sham dan medikamentosa (kelompok kontrol). Akupunktur tanam benang dilakukan pada titik CV12 Zhongwan, ST36 Zusanli dan BL21 Weishu sebanyak 2 kali dengan interval 15 hari. Skor GERDQ, RQS dan SF-36 digunakan untuk mengukur keluaran terapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penurunan skor GERDQ pada kelompok perlakan lebih besar dari kelompok kontrol (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Intan Suri Baginda - Nama Orang
Murdani Abdullah - Nama Orang
Adiningsih Srilestari - Nama Orang
Kemas Abdurrohim - Nama Orang

No. Panggil
T 15 549 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Akupunktur Medik.,
Deskripsi Fisik
xiv, 116 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15549FKT15549FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pengaruh Terapi Kombinasi Akupunktur Tanam Benang dan Medikamentosa Terhadap Gejala dan Kualitas Hidup Penderita Gastroesophageal Reflux Disease = Effect of Acupoint-catgut Embedment Combined with Medical Treatment on Symptoms and Quality of Life of Gastroesophageal Reflux Disease Patients.

Related Collection