Tesis

Kadar Kotinin Urin pada Anak yang Terapajan Asap Rokok di Lingkungan Rumah = The Urinary Cotinine Concentration in Children exposed To Environmental Tobacco Smoke At Home.

Latar Belakang : Kotinin merupakan hasil metabolit utama nikotin dan kadarnya pada urin merupakan indikator pajanan asap rokok. Penlitian ini untuk mengetahui kadar kotinin urin pada anak yang terpajan dan tidak terpajan asap rokok di lingkungan rumah. Metode : Penelitian potong lintang pada anak usia sekolah dasar yang tidak merokok. Subjek dikelompokkan menjadi kelompok terpajan dan tidak terpajan berdasarkan status pajanannya. Data yang diperoleh dari kuesioner dan sampel urin sewaktu yang diukur dengan metode ELISA. Hasil : Total subjek 128 anak usia 6-12 tahun yang terdiri dari 64 anak pada kelompok terpajan dan 64 anak yang tidak terpajan. Kadar kotinin urin pada kelompok terpajan lebih tinggi dibandingkan kelompok tidak terpajan (median 30,1 vs 8,45 ng/ml; p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Priska Duana Putri - Nama Orang
Agus Dwi Susanto - Nama Orang
Achmad Hudoyo - Nama Orang

No. Panggil
T 15 545 FK
Penerbit
Jakarta : .,
Deskripsi Fisik
xv, 69 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15545FKT15545FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Kadar Kotinin Urin pada Anak yang Terapajan Asap Rokok di Lingkungan Rumah = The Urinary Cotinine Concentration in Children exposed To Environmental Tobacco Smoke At Home.

Related Collection