Tesis

Faktor-faktor yang mempengaruhi konversi sputum Basil Tahan Asam mikroskopik pada akhir bulan kedua pengobatan tuberkulosis pada pasien tuberkulosis paru kasus baru dengan diabetes melitus di RSUP Persahabatan = Factors associated with sputum smear conversion at the end of two months of tuberculosis treatment in new cases tuberculosis with diabetes mellitus patients in Persahabatan Hospital.

Latar belakang : Prevalens diabetes melitus (DM) terus meningkat di negara berkembang yang merupakan negara endemis tuberkulosis (TB). Diabetes melitus meningkatkan risiko infeksi, hambatan konversi sputum dan kegagalan pengobatan TB. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi konversi sputum Basil Tahan Asam (BTA) mikroskopik pada akhir bulan kedua pengobatan TB pada pasien TB paru kasus baru dengan DM.
Metode : Penelitian kohort retrospektif ini dilaksanakan di RSUP Perahabatan terhadap pasien-pasien TB paru BTA positif kasus baru dengan DM yang berobat pada periode Juli 2012 sampai Juni 2015. Hubungan faktor risiko dengan konversi sputum BTA mikroskopik dianalisis dengan analisis bivariat dan multivariat.
Hasil penelitian: Proporsi kegagalan konversi sputum BTA mikroskopik pada pasien TB paru kasus baru dengan DM adalah 43,04%, sedangkan pada pasien tanpa DM 22,75% (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Iceu Dimas Kulsum - Nama Orang
Erlina Burhan - Nama Orang
Rochsismandoko - Nama Orang

No. Panggil
T 15 544 FK
Penerbit
Jakarta : .,
Deskripsi Fisik
xii, 47 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15544FKT15544FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Faktor-faktor yang mempengaruhi konversi sputum Basil Tahan Asam mikroskopik pada akhir bulan kedua pengobatan tuberkulosis pada pasien tuberkulosis paru kasus baru dengan diabetes melitus di RSUP Persahabatan = Factors associated with sputum smear conversion at the end of two months of tuberculosis treatment in new cases tuberculosis with diabetes mellitus patients in Persahabatan Hospital.

Related Collection