Tesis

Analisa ketebalan endometrium, morfologi endometrium dan jumlah folikel dominan pada wanita mendapat agen induksi ovulasi atau stimulasi ovarium dengan klomifen sitrat atau letrozole = Analysis of endometrial thickness, endometrial morphology and dominant follicle count between clomiphene citrate and letrozol as an ovulation induction or ovarian stimulation.

Latar Belakang: Penggunaan klomifen sitrat sebagai obat induksi kehamilan masih memiliki angka keberhasilan kehamilan yang rendah. Letrozol merupakan agen penghambat aromatase yang dianggap memiliki efektivitas lebih baik dibanding klomifen sitrat, namun efektivitasnya masih dilaporkan bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemberian klomifen sitrat dan letrozol terhadap ketebalan endometrium, morfologi endometrium dan jumlah folikel dominan pada perempuan yang dilakukan induksi ovulasi atau stimulasi ovarium. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian retrospektif dengan menggunakan m medis pasien yang dilakukan induksi ovulasi atau stimulasi ovarium pada Januari 2011 - Mei 2015. Didapatkan 143 wanita siklus anovulasi yang terbagi dalam empat kelompok: klomifen sitrat 50 mg, klomifen sitrat 100 mg, letrozol 2,5 mg dan letrozol 5 mg. Agen pemicu ovulasi pada subjek dimulai pada hari ke-2 selama berlangsung selama lima hari. Data ketebalan endometrium, morfologi endometrium dan jumlah folikel dominan didapat pada status dari data pemeriksaan ultrosonografi transvaginal di hari ke-12 siklus haid. Hasil: Dari semua subjek, didapatkan 45 subjek (31,5%) mendapat klomifen sitrat 50 mg, 29 subjek (20,3%) dengan klomifen sitrat 100 mg, 23 subjek (16,1%) dengan letrozol 2,5 mg, dan 46 subjek (32,2%) dengan letrozol 5 mg. Subjek dengan letrozol memiliki endometrium yang lebih tebal dibandingkan dengan klomifen sitrat (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Veinardi Madjid - Nama Orang
Budi Wiweko - Nama Orang
Endy M. Moegni - Nama Orang

No. Panggil
T 15 535 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Obstetri dan Ginekologi.,
Deskripsi Fisik
xii, 49 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15535FKT15535FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Analisa ketebalan endometrium, morfologi endometrium dan jumlah folikel dominan pada wanita mendapat agen induksi ovulasi atau stimulasi ovarium dengan klomifen sitrat atau letrozole = Analysis of endometrial thickness, endometrial morphology and dominant follicle count between clomiphene citrate and letrozol as an ovulation induction or ovarian stimulation.

Related Collection