Tesis

Faktor Risiko Kandidemia pada Pasien Sepsis Non Neutropenia = Risk Factors for Candidemia in Non-neutropenic Sepsis Patients.

Latar Belakang: Kandidemia merupakan infeksi aliran darah dengan morbiditas dan mortalitas yang tinggi. Gambaran klinis kandidemia sulit dibedakan dengan pasien sepsis sehingga sering terlambat didiagnosis. Kultur darah sebagai baku emas diagnostik kandidemia memiliki beberapa keterbatasan, sedangkan prediktor yang ada saat ini sulit diaplikasikan dalam praktik klinis sehari-hari. Telah ada penelitian tentang faktor risiko kandidemia di luar negeri dan Indonesia, tetapi belum ada yang membahas khusus pada pasien sepsis dewasa non neutropenia.

Tujuan:Mengetahui faktor risiko kandidemia pada pasien sepsis non neutropenia.

Metode: Desain kasus kontrol dengan mengambil data rekam medik pasien sepsis sejak Januari 2011 sampai Juli 2015 di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Penilaian faktor risiko dilakukan dengan metode Chi-square dan dilanjutkan dengan analisis regresi logistik multivariat dengan mengikutsertakan variabel perancu.

Hasil: Dari 51 kasus dan 153 kontrol didapatkan faktor risiko yang berhubungan dengan kejadian kandidemia adalah kateter urin [adjusted OR=5,239 (IK 95% 2,141 – 12,819), p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Resultanti - Nama Orang
KHIE CHEN - Nama Orang
Retno Wahyuningsih - Nama Orang
Pringgodigdo Nugroho - Nama Orang

No. Panggil
T 16 040 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xx, 72 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16040FKT16040FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Faktor Risiko Kandidemia pada Pasien Sepsis Non Neutropenia = Risk Factors for Candidemia in Non-neutropenic Sepsis Patients.

Related Collection