Tesis

Pengaruh Terapi Kombinasi Laserpunktur dengan Antidepresan dan Psikoterapi terhadap Skor Hamilton Rating Scale For Depression 17 (Ham-D 17) dan Kadar Serotonin Penderita Depresi = The Effect of Laserpuncture Combined with Antidepressants and Psychotherapy on Hamilton Rating Scale For Depression 17 (Ham-D 17) Score and Serotonin Levels Among Depression Patients.

Depresi merupakan suatu gangguan kejiwaan pada alam perasaan, yang ditandai dengan kesedihan, hilangnya minat atau kebahagiaan, perasaan bersalah, gangguan tidur dan nafsu makan, perasaan lelah dan konsentrasi yang kurang baik. Tiga terapi utama untuk depresi yaitu psikoterapi, farmakoterapi dan electroconvulsive therapy (ECT). Selective Serotonin Re-uptake Inhibitor (SSRI) merupakan terapi antidepresan yang paling sering dipakai. Efektifitas farmakologis antidepresan hanya mencapai 60%-70%. Sebagian pasien depresi tidak merespons penuh, mengalami relaps, atau menderita efek samping yang tidak diharapkan sehingga memerlukan pengembangan terapi pilihan lain, seperti laserpunktur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas terapi kombinasi laserpunktur dengan antidepresan dan psikoterapi dibandingkan dengan terapi kombinasi laserpunktur sham dengan antidepresan dan psikoterapi terhadap perubahan skor Hamilton Rating Scale for Depression 17 (HAM-D 17) dan kadar serotonin penderita depresi. Uji klinis acak tersamar tunggal pada 33 penderita depresi dialokasikan kedalam kelompok perlakuan dan kontrol. Terdapat penurunan skor HAM-D 17 yang bermakna (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Rima Khusniati - Nama Orang
Adiningsih Srilestari - Nama Orang
Kemas Abdurrohim - Nama Orang
Nurmiati Amir - Nama Orang

No. Panggil
T 16 028 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Akupunktur Medik.,
Deskripsi Fisik
xvii, 83 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16028FKT16028FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pengaruh Terapi Kombinasi Laserpunktur dengan Antidepresan dan Psikoterapi terhadap Skor Hamilton Rating Scale For Depression 17 (Ham-D 17) dan Kadar Serotonin Penderita Depresi = The Effect of Laserpuncture Combined with Antidepressants and Psychotherapy on Hamilton Rating Scale For Depression 17 (Ham-D 17) Score and Serotonin Levels Among Depression Patients.

Related Collection