Tesis

Pengaruh Pajanan Kronis Karbon Monoksida (CO) Terhadap Gangguan Fungsi Kognitif Pada Pekerja di Lokasi Parkir Dalam Gedung = Effect of chronic carbon monoxide exposure on cognitive function among basement parking lot workers.

Karbon monoksida merupakan senyawa gas yang tidak berbau, tidak berwarna dan tidak berasa tetapi sangat beracun. Karbon monoksida terutama berasal dari asap hasil pembakaran mesin dan kendaraan bermotor. Keracunan terutama terjadi karena proses inhalasi dan melalui mekanisme hipoksia, selanjutnya dapat menimbulkan gangguan sistem saraf pusat dengan gejala gangguan neurobehavioral dan fungsi kognitif. Penelitian ini mengkaji hubungan antara pajanan kronis karbon monoksida dengan gangguan fungsi kognitif pada pekerja di lokasi parkir dalam gedung. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional, melibatkan 93 pekerja di lokasi parkir dalam gedung rumah sakit dan hotel di Jakarta pada tahun 2015. Pengukuran kadar karbon monoksida di udara lingkungan kerja dilakukan 1 kali menggunakan metode spektrofotometri dengan iodida pentoksida. Pengukuran kadar COHb dilakukan dengan metode kromatografi gas melalui udara CO ekshalasi, sedangkan fungsi kognitif dinilai menggunakan kuesioner Montreal Cognitive Assessment. Prevalensi gangguan fungsi kognitif pada populasi pekerja di lokasi parkir dalam gedung 22,58%. Gangguan fungsi kognitif memiliki hubungan bermakna (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Hengky Prabowo - Nama Orang
Fikry Effendi - Nama Orang
Endang basuki - Nama Orang
Adre Mayza - Nama Orang

No. Panggil
T 15 498 FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Spesialis Kedokteran Okupasi.,
Deskripsi Fisik
xiii, 99 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15498FKT15498FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pengaruh Pajanan Kronis Karbon Monoksida (CO) Terhadap Gangguan Fungsi Kognitif Pada Pekerja di Lokasi Parkir Dalam Gedung = Effect of chronic carbon monoxide exposure on cognitive function among basement parking lot workers.

Related Collection