Skripsi

Hubungan Faktor Demografi dengan Kejadian Tuberkulosis pada Pasien Diabetes Melitus yang Berobat di Puskesmas di DKI Jakarta Tahun 2014 = The Association of Demographic Factorswith the Prevalence of Tuberculosis in Patients with Diabetes Mellitus Who Took Treatment at the Primary Health Centers in Jakarta Year 2014.

Tuberkulosis (TB) masih menjadi salah satu masalah kesehatan yang serius di Indonesia. Saat ini, diketahui bahwa Diabetes Melitus (DM) berasosiasi dengan kejadian TB. Orang dengan DM memiliki risiko tinggi berkembangnya TB laten menjadi TB aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prevalensi TB pada pasien DM yang berobat di Puskesmas di DKI Jakarta serta faktor demografi yang mempengaruhi. Penelitian menggunakan desain potong lintang dan dilakukan dari bulan November 2013 sampai Januari 2014 pada 291 responden. Penentuan TB dilakukan berdasarkan gejala klinis dari hasil kuesioner, pemeriksaan radiologi serta sputum BTA. Prevalensi TB pada pasien DM di DKI Jakarta adalah sebesar 35,7%. Terdapat perbedaan bermakna proporsi TB berdasarkan kelompok usia (p=0,001), jenis kelamin (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Nela lutfiana - Nama Orang
Indah Suci Widyahening - Nama Orang

No. Panggil
S15327FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xii, 42 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S15327FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S15327FKS15327FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan Faktor Demografi dengan Kejadian Tuberkulosis pada Pasien Diabetes Melitus yang Berobat di Puskesmas di DKI Jakarta Tahun 2014 = The Association of Demographic Factorswith the Prevalence of Tuberculosis in Patients with Diabetes Mellitus Who Took Treatment at the Primary Health Centers in Jakarta Year 2014.

Related Collection