Tesis

Korelasi Antara Luaran Parameter Sagital Spinopelvik Dan Luaran Ido Pada Pasien Pasca Operasi Fusi Dan Stabilisasi Tulang Belakang Torakal dan Lumbal Di Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta pada Tahun 2012-2014 = Correlation Between Sagittal Spinopelvic Parameters Outcome and Ido Outcome Of Post Thoracal and Lumbar Vertebrae Stabilization and Fusion Patient In dr. Cipto Mangunkusumo Hospital Jakarta 2012-2014.

Pendahuluan. Parameter spinopelvik merupakan parameter untuk mengukur keseimbangan poros tulang belakang terhadap ekstrimitas bawah pada penampang sagital. Parameter ini terdiri dari sagittal vertical axis (SVA), pelvic incidence (PI), pelvic tilt (PT), pelvic incidence (PI) dan diukur melalui X-ray whole spine lateral view dalam keadaan berdiri. Pengukuran parameter ini penting sebagai dasar analisa keseimbangan sagital dalam operasi rekonstruktif tulang belakang, karena dengan tidak adanya keseimbangan pada penampang sagital ini akan berakibat timbulnya adjacent segment degeneration yang akan memengaruhi luaran klinis. Hingga saat ini belum ada studi yang mengevaluasi hubungan antara luaran parameter spinopelvik dengan luaran klinis di indonesia. Metode Penelitian. Penelitian ini adalah penelitian analitik potong lintang dengan subyek 19 pasien dewasa pasca operasi stabilisasi dan fusi tulang belakang torakal dan lumbal di Rumah Sakit Dr. Ciptomangunkusumo (RSCM) Jakarta pada tahun 2012-2014. Pasien tersebut dilakukan evaluasi X-ray parameter spinopelvik SVA, PI, PT, dan SS dilakukan penilaian skor Indeks Disabilitas Oswestry (IDO) pada saat 1 tahun pasca operasi. Lalu dilakukan analisis statistik dengan menggunakan uji hipotesis komparatif numerik dengan menggunakan pearson dimana dibandingkan luaran parameter spinopelvik SVA, PI, PT, dan SS dengan luaran fungsional skor IDO. Temuan dan Diskusi Penelitian. Didapatkan hasil korelasi antara IDO dan SVA (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Yudistira Prama Tirta - Nama Orang
Ifran Saleh - Nama Orang

No. Panggil
T 15 489 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Bedah Orthopaedi dan Traumatologi.,
Deskripsi Fisik
xv, 57 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15489FKT15489FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Korelasi Antara Luaran Parameter Sagital Spinopelvik Dan Luaran Ido Pada Pasien Pasca Operasi Fusi Dan Stabilisasi Tulang Belakang Torakal dan Lumbal Di Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta pada Tahun 2012-2014 = Correlation Between Sagittal Spinopelvic Parameters Outcome and Ido Outcome Of Post Thoracal and Lumbar Vertebrae Stabilization and Fusion Patient In dr. Cipto Mangunkusumo Hospital Jakarta 2012-2014.

Related Collection