Tesis

Ekspresi mRNA B-type Natriuretic Peptide, Natriuretic Peptide Receptor Type-A dan Type-C pada Miosit Jantung Penderita Obesitas = The mRNA Expression of B-type Natriuretic Peptide, Natriuretic Peptide Receptor Type-A and Type-C in Cardiomyocytes of Obese Population.

Latar Belakang: Obesitas merupakan salah satu masalah kesehatan utama yang banyak ditemukan di negara maju maupun negara berkembang. Obesitas menjadi salah satu faktor risiko timbulnya penyakit kardiovaskular. Diketahui bahwa populasi obesitas memiliki kadar plasma BNP yang rendah dibanding kelompok normal. BNP adalah suatu hormon yang disintesis oleh miosit atrium yang berperan dalam meregulasi hemodinamik tubuh. Selain itu BNP memiliki efek anti fibrosis dan anti hipertrofi pada jantung. Dipikirkan bahwa adanya gangguan sintesis BNP di miosit jantung sebagai salah satu penyebab. Maka, penelitian ini bertujuan untuk melihat profil ekspresi mRNA BNP, NPR-A dan NPR-C pada populasi obesitas. Metode: Studi potong lintang dilakukan di Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPDHK). Jaringan miosit tersimpan yang sudah dilakukan ekstraksi RNA dibagi menjadi 2 kelompok berdasarkan IMT, kelompok obesitas (IMT ≥27) dan kelompok normal (IMT

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Julio Ulaan - Nama Orang
Suko Adiarto - Nama Orang
Anwar Santoso - Nama Orang

No. Panggil
T 15 484 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah.,
Deskripsi Fisik
xvii, 42 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15484FKT15484FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Ekspresi mRNA B-type Natriuretic Peptide, Natriuretic Peptide Receptor Type-A dan Type-C pada Miosit Jantung Penderita Obesitas = The mRNA Expression of B-type Natriuretic Peptide, Natriuretic Peptide Receptor Type-A and Type-C in Cardiomyocytes of Obese Population.

Related Collection