Tesis

Pengaruh Asupan Garam Dengan Tekanan Darah Nokturnal Pada Pasien Hipertensi Yang Mendapatkan Terapi Penyekat EKA = Effect of Low Salt Intake to Nocturnal Blood Pressure In Hypertensive Patients Administered Angiotensin Converting Enzyme (ACE) Inhibitors.

Latar Belakang : Hipertensi merupakan faktor resiko utama penyakit kardiovaskular, terutama sindrom koroner akut dan stroke. Peningkatan konsumsi garam berhubungan dengan kenaikan tekanan darah. Beberapa studi randomized-controlled trial (RCT) menyatakan bahwa konsumsi rendah garam dapat menurunkan tekanan darah pada populasi dewasa dengan atau tanpa hipertensi. Variabilitas tekanan darah selama 24 jam bersifat dinamis. Peningkatan darah nokturnal memiliki makna klinis yang cukup besar, merupakan salah satu prediktor dari penyebab kerusakan target organ, terutama kejadian kardiovaskular dan stroke. Asupan garam dapat mempengaruhi variasi tekanan darah 24 jam, yang dalam hal ini dapat juga berpengaruh pada hipertensi nokturnal. Obat penyekat EKA merupakan obat hipertensi lini pertama yang sering digunakan, terutama pada usia muda dan hipertensi yang disertai sindrom metabolik, mengingat peranan Sistem Renin Angiotensin memiliki peranan yang sangat penting dalam patofisiologi hipertensi. Asupan garam juga memiliki peranan pada patofisiologi terjadinya hipertensi dalam sistem Renin Angiotensin. Sedikit studi yang meneliti perpaduan obat penyekat EKA dengan asupan rendah garam dalam menrunkan kejadian hipertensi. Oleh karena itu, Menarik untuk diteliti pengaruh asupan garam dengan tekanan darah nokturnal pada pasien yang mengkonsumsi obat penyekat EKA. Tujuan : Menilai pengaruh asupan garam dengan tekanan darah nokturnal pada pasien hipertensi yang mendapatkan terapi penyekat EKA. Metode : Pasien poliklinik berusia 30 – 50 tahun yang terdiagnosis hipertensi dan belum pernah mendapatkan anti-hipertensi sebelumnya, dibagi menjadi 2 kelompok (asupan rendah garam (Na

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Chorniansyah Indriyanto Rahayu - Nama Orang
Nani Hersunarti - Nama Orang
Siti Fadilah Supari - Nama Orang

No. Panggil
T 15 483 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah.,
Deskripsi Fisik
xv, 42 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15483FKT15483FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pengaruh Asupan Garam Dengan Tekanan Darah Nokturnal Pada Pasien Hipertensi Yang Mendapatkan Terapi Penyekat EKA = Effect of Low Salt Intake to Nocturnal Blood Pressure In Hypertensive Patients Administered Angiotensin Converting Enzyme (ACE) Inhibitors.

Related Collection