Tesis

Hubungan Proteinuria Yang Diukur Dengan Rasio Protein Kreatinin Urin Terhadap Nilai Flow Mediated Dilation Arteri Brakialis Sebelum & Sesudah Melahirkan Pada Preeklampsia = Correlation between Urine Protein-Creatinine Ratio and Flow Mediated Dilation of Brachial Artery Before and After Delivery As a Marker of Endothelial Dysfunction in Preeclampsia.

Latar Belakang. Perempuan dengan preeklampsia memiliki resiko tinggi terhadap penyakit kardiovaskuler 5-15 tahun pasca kehamilan. Disfungsi endotel diperkirakan menjadi patogenesis manifestasi klinik preeklampsia dan penghubung antara preeklampsia dan kejadian kardivaskular setelah kehamilan. Nilai flow mediated vasodilation (FMD) dari arteri brakhialis pada sebagian subset preeklampsia tetap rendah 3-10 tahun pasca-melahirkan. Proteinuria pada preeklampsia secara etiologi juga berhubungan dengan disfungsi endotel glomerulus. Namun, tidak seperti pada populasi hipertensi dan diabetes mellitus, sampai saat ini belum diketahui bagaimana korelasi antara nilai proteinuria dengan nilai FMD pada populasi preeklampsia. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan/korelasi antara proteinuria terhadap nilai FMD pada preeklampsia sebelum dan sesudah melahirkan Metode. Studi prospektif dilakukan di tiga rumah sakit. Subyek preeklampsia yang akan diterminasi dan sesuai kriteria inklusi dan eksklusi diperiksa nilai FMD dan rasio protein-kreatinin urinnya (RPKU) sebelum melahirkan, 48-72 jam setelah melahirkan dan pasca-nifas. Data kemudian diolah dengan analisis bivariat dan multivariat untuk mengetahui korelasi antara rasio protein-kreatinin urin dengan nilai FMD dan perubahannya sebelum dan setelah melahirkan. Hasil Penelitian. Sebanyak 30 perempuan preeklampsia diikutsertakan dalam penelitian ini. Rerata nilai FMD sebelum melahirkan, 48-72 jam pasca-melahirkan dan follow up pasca-nifas adalah 5.46 ± 0.27 ,, 6.10 ± 0.35 dan 8.14 ± 2.48 ( p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Faisal Habib - Nama Orang
Ismoyo Sunu - Nama Orang
Jetty Sedyawan - Nama Orang
Hadi Sjarbaini - Nama Orang

No. Panggil
T 15 479 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah.,
Deskripsi Fisik
xviii, 50 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15479FKT15479FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan Proteinuria Yang Diukur Dengan Rasio Protein Kreatinin Urin Terhadap Nilai Flow Mediated Dilation Arteri Brakialis Sebelum & Sesudah Melahirkan Pada Preeklampsia = Correlation between Urine Protein-Creatinine Ratio and Flow Mediated Dilation of Brachial Artery Before and After Delivery As a Marker of Endothelial Dysfunction in Preeclampsia.

Related Collection