Tesis

Kesesuaian Spirometer Dengan Peak Flow Meter Pada Pekerja Mebel Dan Persepsi Pengusaha Terhadap Kesehatan Paru Pekerja (Studi Dengan Pendekatan Mix Method)= Suitability Of Spirometer And Peak Flow Meter On Furniture Industry And The Perception Of The Business Owners Related To The Observation Of Lung Examination (A Mix Method Research).

Pajanan debu terus menerus dapat menyebabkan masalah kesehatan pada paru, dan perlu dideteksi segera. Kapasitas paru dapat diukur dengan menggunakan spirometer, sebagai standar emas penilaian fungsi paru. Sedangkan peak flow meter, dapat pula digunakan untuk mendeteksi obstruksi paru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesesuaian deteksi obstruksi paru antara spirometer dan peak flow meter. Selain itu ingin diketahui persepsi pemilik usaha terhadap pentingnya pemantauan kesehatan paru pekerja dengan menggunakan spirometer dan atau peak flow meter. Dilakukan penelitian mix method, dengan menggunakan desain cross sectional untuk mendeteksi perbedaan proporsi obstruksi paru menggunakan 2 alat pemeriksaan pada pekerja mebel, serta penelitian kualitatif untuk mengetahui persepsi pemilik usaha dengan metode kelompok diskusi terarah. Uji Mc. Nemar dan Kappa dipakai untuk menilai perbedaan proporsi dan kesesuaian menggunakan SPSS versi-16. Hasil survey terhadap 80 pekerja industri mebel, dengan usia antara 20- 68 tahun menunjukkan perbedaan bermakna persentase obstruksi paru hasil spirometer dengan peak flow meter. Didapatkan 10% (8 pekerja) mengalami gangguan obstruksi berdasarkan spirometer, sementara dari pemeriksaan peak flow meter 25 % ( 20 pekerja) mengalami gangguan obstruksi, dan tingkat kesesuaian yang rendah dengan Kappa bernilai 0,25 (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Endang J.A Tinambunan - Nama Orang
Mukhtar Ikhsan - Nama Orang
Setyawati Budiningsih - Nama Orang

No. Panggil
T 15 473 FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Spesialis Kedokteran Okupasi.,
Deskripsi Fisik
xiii, 85 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15473FKT15473FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Kesesuaian Spirometer Dengan Peak Flow Meter Pada Pekerja Mebel Dan Persepsi Pengusaha Terhadap Kesehatan Paru Pekerja (Studi Dengan Pendekatan Mix Method)= Suitability Of Spirometer And Peak Flow Meter On Furniture Industry And The Perception Of The Business Owners Related To The Observation Of Lung Examination (A Mix Method Research).

Related Collection