Tesis

Proporsi Keberhasilan Virologis dan Faktor-Faktor yang Berhubungan pada Reintroduksi Terapi Ant iretroviral Lini Pertama pasca Interupsi Tidak Terencana pada Pasien HIV = Proportion of Virological Success and Its Associated Factors in First Line Ant iretroviral Reintroduction after Unplanned Interruption in HIV patients.

Latar Belakang: Hingga saat ini belum ada panduan mengenai paduan terapi ant iretroviral (antiretroviral therapy/ART) terpilih pada pasien HIV dewasa dengan riwayat interupsi t idak terencana. Kondisi pasien pada saat reintroduksi ART perlu dievaluasi sebagai dasar pemilihan paduan ART Tujuan: Mengetahui proporsi keberhasilan virologis pada reintroduksi ART lini pertama pasca interupsi t idak terencana. Mengetahui hubungan antara berbagai faktor klinis dan laboratoris dengan keberhasilan virologis pada reintroduksi tersebut.

Metode: Penelit ian kohort retrospektif dilakukan pada pasien HIV yang mendapatkan reintroduksi ART lini pertama pasca interupsi t idak terencana selama minimal 1 bulan. Data didapatkan dari rekam medis RS dr. Cipto Mangunkusumo di Jakarta. Viral load (VL) dinilai 6-18 bulan setelah reintroduksi ART lini pertama, dinyatakan berhasil bila VL

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Suzy Maria - Nama Orang
Evy Yunihastuti - Nama Orang
Zubairi Djoerban - Nama Orang
Siti Rizny Saldi - Nama Orang

No. Panggil
T 15 470 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xvii, 79 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15470FKT15470FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Proporsi Keberhasilan Virologis dan Faktor-Faktor yang Berhubungan pada Reintroduksi Terapi Ant iretroviral Lini Pertama pasca Interupsi Tidak Terencana pada Pasien HIV = Proportion of Virological Success and Its Associated Factors in First Line Ant iretroviral Reintroduction after Unplanned Interruption in HIV patients.

Related Collection