Tesis

Kefektifan sedasi antara campuran ketamin propofol (ketofol), dan propofol fentanil pada prosedur Endoscopic Retrograde Cholangiopancreatography (ERCP) : Uji klinis acak tersamar ganda = The effectiveness of sedation between ketamine propofol mixtures (ketofol), and propofol fentanyl for Endoscopic Retrograde Cholangiopancreatography (ERCP): double blind randomised clinical trial.

Latar Belakang: Sedasi yang efektif adalah terjaganya kedalaman sedasi dan analgesia serta mengendalikan pergerakan pasien selama prosedur ERCP berlangsung. Propofol merupakan obat anestetik sedasi yang tidak memiliki efek analgesia dan memiliki efek depresi kardiovaskular dan respirasi yang tergantung dosis. Penambahan ketamin dosis kecil diharapkan dapat menurunkan kebutuhan dosis propofol dalam mempertahankan kedalaman sedasi dan analgesia serta kestabilan hemodinamik dan respirasi. Penelitian ini akan membandingkan keefektifan sedasi antara campuran ketamin dan propofol (ketofol) konsentrasi 1:4, dan propofol - fentanil pada prosedur ERCP. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian uji klinis acak tersamar ganda pada 36 pasien yang menjalani prosedur ERCP, dengan usia 18-60 tahun, ASA I-III, BMI 18-30 kg/m 2 , yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok KF (n=18) dan kelompok PF (n=18). Kedua kelompok obat menggunakan metode infus kontinyu dengan syringe pump. Kedalaman sedasi diukur dengan menggunakan Ramsay Sedation Scale (RSS). Hasil: Dari hasil penelitian didapatkan rerata konsumsi propofol permenit kelompok campuran ketamin propofol (ketofol) ( 93,71±11,82) lebih rendah bermakna secara statistik dibandingkan kelompok propofol fentanil (141,18±19,23) (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Norman Rabker Jefrey Tuhulele - Nama Orang
Adhrie Sugiarto - Nama Orang
Aries Perdana - Nama Orang

No. Panggil
T 15 463 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Anestesiologi dan Terapi Intensif.,
Deskripsi Fisik
xiii, 46 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15463FKT15463FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Kefektifan sedasi antara campuran ketamin propofol (ketofol), dan propofol fentanil pada prosedur Endoscopic Retrograde Cholangiopancreatography (ERCP) : Uji klinis acak tersamar ganda = The effectiveness of sedation between ketamine propofol mixtures (ketofol), and propofol fentanyl for Endoscopic Retrograde Cholangiopancreatography (ERCP): double blind randomised clinical trial.

Related Collection