Tesis

Korelasi Ukuran Bidimensional dengan Volume Tumor Primer Karsinoma Nasofaring Menggunakan Computed Tomography Scan = Correlation between Bidimensional Measurement and Primary Tumour Volume in Nasopharyngeal Carcinoma by Computed Tomography Examination.

Latar belakang: Pengukuran tumor primer karsinoma nasofaring (KNF) belum rutin dikerjakan karena bentuknya yang ireguler dengan infiltrasi yang ekstensif pada jaringan sekitarnya. Pengukuran volume memiliki akurasi tinggi namun sulit dilakukan dan memerlukan waktu lama. Lebih lanjut, belum ada penelitian yang membandingkan antara teknik pengukuran bidimensional dengan volume tumor primer KNF di Indonesia. Tujuan: Mendapatkan nilai korelasi ukuran bidimensional terhadap volume tumor primer KNF pada pemeriksaan Computed Tomography (CT) scan. Metode: Penelitian ini menggunakan desain potong lintang dengan metode simple random sampling. Subjek penelitian berjumlah 50 pasien KNF yang menjalani pemeriksaan CT scan nasofaring di Departemen Radiologi FKUI/RSUPN CM. Penelitian dilakukan sejak Juni hingga September 2015. Pengukuran volume tumor primer nasofaring pada PACS INFINITT dilanjutkan dengan pengukuran bidimensional satu minggu kemudian. Hasil: Uji korelasi Spearman antara ukuran bidimensional dengan volume KNF memperlihatkan nilai p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Asih Maratani - Nama Orang
Vally Wulani - Nama Orang
Marlinda Adham - Nama Orang
Joedo Prihartono - Nama Orang

No. Panggil
T 15 456 FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Spesialis Radiologi.,
Deskripsi Fisik
xii, 43 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15456FKT15456FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Korelasi Ukuran Bidimensional dengan Volume Tumor Primer Karsinoma Nasofaring Menggunakan Computed Tomography Scan = Correlation between Bidimensional Measurement and Primary Tumour Volume in Nasopharyngeal Carcinoma by Computed Tomography Examination.

Related Collection