Tesis

Identifikasi Faktor Risiko Individu dan Keluarga terhadap Terjadinya Kekerasan pada Perempuan sebagai Langkah Pencegahan Primer Kekerasan Dalam Rumah Tangga = Individual and Family Risk Factors Identification for Female Abuse as Primary Prevention Step for Domestic Violence.

Latar Belakang:Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) merupakan penyebab tersering terjadinya kekerasan terhadap pasangan (KTP) karena ketidakseimbangan antar gender yang telah telah berlangsung sejak lama. Komisi Nasional Anti-Kekerasan terhadap Perempuan mencatat 280.710 kasus KDRT pada ibu rumah tanggatahun 2014. Faktor-faktor penyebab terjadinya KDRT antara lain faktor risiko individu, keluarga, komunitas, dan lingkungan sosial. Data yang diperoleh oleh dokter forensik dapat digunakan mencari faktor risiko KDRT guna melakukan tindakan preventif. Tujuan: Menentukan hubungan antara faktor risiko individu dan keluarga dengan kejadian KDRT yang diperiksan di PKT RSCM. Metode: Penelitian ini menggunakan desain case controldi Departemen Forensik RSCM. Sampel penelitian adalah istri yang mengalami KDRT yang diperiksa di PKT RSCM selama tahun 2013-2014. Data pada kelompok kasus diambil dari rekam medik periode Januari 2013-Desember 2014 menggunakan formulir kekerasan dalam rumah tangga Guidelines WHO 2003. Kelompok kontrol adalah istri yang bukan korban KDRT yang merupakan pasien di Gedung A RSCM selama bulan September-Desember 2015. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling. Data diuji menggunakan uji Chi-square dan hasil dinyatakan bermakna apabila nilai p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Kinanti Putri Utami - Nama Orang
Ade Firmansyah Sugiharto - Nama Orang
Oktavinda Safitry - Nama Orang

No. Panggil
T 16 004 FK
Penerbit
Jakarta : Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal.,
Deskripsi Fisik
xiv, 73 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16004FKT16004FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Identifikasi Faktor Risiko Individu dan Keluarga terhadap Terjadinya Kekerasan pada Perempuan sebagai Langkah Pencegahan Primer Kekerasan Dalam Rumah Tangga = Individual and Family Risk Factors Identification for Female Abuse as Primary Prevention Step for Domestic Violence.

Related Collection