Skripsi

Hubungan Merokok Sebagai Faktor Risiko Stroke dengan Viskositas Darah yang Diukur dengan Alat Mikrokapiler Digital = Relationship between cigarette smoking as a stroke risk factor with blood viscosity measured by digital `microcapillary tool.

Rokok dan stroke memiliki keterikatan erat yang diduga berkorelasi dengan peningkatan viskositas darah yang menjadi faktor terjadinya stroke. Pemeriksaan viskositas darah yang sekarang tersedia harus dilakukan pada laboratorium besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan merokok dengan viskositas darah yang diukur menggunakan Mikrokapiler Digital, suatu alat baru yang mudah dibawa, sederhana dan terjangkau. Penelitian adalah merupakan penelitian cross-sectional. Subjek penelitian terdiri atas dua kelompok, yaitu kelompok perokok dan non perokok. Data penelitian didapatkan dari data sekunder Pos Binaan Terpadu Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang diambil pada bulan Januari dan Maret 2015 dengan jumlah sampel 197 orang terdiri dari kelompok perokok dan kelompok non perokok. Hasil uji korelasi yang dilakukan dengan data sekunder Posbindu menunjukan tidak terdapat hubungan yang bermakna antara merokok dengan viskositas darah. Perbedaan hasil ini diduga diakibatkan pada data Posbindu pasien yang merokok tenyata memiliki faktor risiko lain yang dapat meningkatkan viskositas darah.
Kata kunci : Merokok, Viskositas Darah, Faktor Risiko, Jakarta


Cigarette smoking will increase blood viscosity which raises the risk of stroke. Newer and handier tool to check blood viscosity with Digital Microcapillary tool can be used in primary care. This research is done to find correlation between cigarette smoking and blood viscosity parameter checked by Digital Microcapillary tool. This was cross sectional study with two subject group consists of, cigarette smoker and non cigarette smoker. Research database was obtained from secondary data in Pos Binaan Terpadu Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (Posbindu) taken between January and March 2015 with total sample 197 patients. However, there was no significant correlation between cigarette smoker and non cigarette smoker patients from Posbindu. This results perhaps due to confounding factors in non cigarette smoker patients which will increase blood viscosity.
Keyword : cigarette smoking, blood viscosity, risk factor, Jakarta

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Syifa Amalia Hanif - Nama Orang
Al Rasyid - Nama Orang

No. Panggil
S15320FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xiii, 31 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S15320FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S15320FKS15320FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan Merokok Sebagai Faktor Risiko Stroke dengan Viskositas Darah yang Diukur dengan Alat Mikrokapiler Digital = Relationship between cigarette smoking as a stroke risk factor with blood viscosity measured by digital `microcapillary tool.

Related Collection