Skripsi

Hubungan Indeks Massa Tubuh Dan Rasio Lingkar Pinggang Pinggul Dengan Tuberkulosis Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Yang Berobat Di Puskesmas Wilayah DKI Jakarta = Association between Body Mass Index and Ratio of Waist-Hip Line with Prevalence of Tuberculosis in Patients with Diabetes Mellitus who Have Been Taking Treatment at Community Health Center in Jakarta.

Penelitian ini membahas mengenai hubungan prevalensi TB pada pasien DM pada puskesmas wilayah DKI Jakarta. Penelitian memakai desain cross sectional dan melibatkan subyek penelitian sebanyak 291 pasien DM. Pengukuran status gizi dilakukan melalui indeks massa tubuh (IMT) dan rasio lingkar pinggang pinggul (RLPP). Dari 291 pasien Prevalensi TB pada pasien DM sebesar 35,7%. Hasil dari penelitian ini adalah tingkat kejadian TB paru pada pasien DM terbesar pada status gizi kurang yang diukur dengan IMT yaitu sebesar 82,8% kemudian kejadian terjadinya TB pada DM terkecil pada pasien dengan Obesitas grade II sebesar 16,7%. Pada status gizi berdasarkan RLPP didapatkan pasien dengan status normal yang lebih besar mengalami kejadian terkena TB yaitu sebesar 50.7% dibandingkan dengan pasien obesitas yang positif TB sebesar 25.2%. Kesimpulannya, status gizi kurang berhubungan dengan prevalensi tuberkulosis dengan nilai p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Rudy Irianto Simamora - Nama Orang
Indah Suci Widyahening - Nama Orang

No. Panggil
S15318FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xiii, 27 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S15318FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S15318FKS15318FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan Indeks Massa Tubuh Dan Rasio Lingkar Pinggang Pinggul Dengan Tuberkulosis Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Yang Berobat Di Puskesmas Wilayah DKI Jakarta = Association between Body Mass Index and Ratio of Waist-Hip Line with Prevalence of Tuberculosis in Patients with Diabetes Mellitus who Have Been Taking Treatment at Community Health Center in Jakarta.

Related Collection