Tesis

Evaluasi Gejala Berkemih Dan Nyeri Pada Pemasangan Dj Stent Ureter (Penelitian Prospektif) = Evaluation of Urinary Symptoms and Pain related to Indwelling Ureteral Stents.

Latar Belakang: Drainase temporer saluran kemih bagian atas dapat dilakukan dengan pemasangan stent ureter. Pemasangan DJ stent dapat memberikan keluhan rasa tidak nyaman pada pasien yang bervariasi dari seseorang ke orang yang lain dan bersifat idiosinkrasi Tujuan: Untuk mengetahui faktor-faktor apa yang berpengaruh terhadap gejalagejala berkemih dan nyeri pada pasien-pasien yang terpasang DJ stent di RSUP Dr. Sardjito dan RSPAU Dr. Suhardi Hardjolukito Yogyakarta. Metode: Penelitian prospektif ini dilakukan pada bulan Maret - Agustus. Semua pasien yang dipasang DJ stent diikutsertakan dalam penelitian ini. Kriteria eksklusi adalah pasien yang dipasang DJ stent dengan kasus keganasan, pasien yang menjalani pemasangan DJ stent,dan pasien dengan DJ stent bilateral. Sebelum dan 1 bulan setelah dipasang DJ stent, yakni ketika pasien dijadwalkan lepas DJ stent, pasien kembali mengisi kuesioner IPSS, USSQ dan VAS. Data IPSS, komponen berkemih USSQ dan VAS dicatat dan dianalisis dengan Chi Square/ Fisher exact test, Pearson/Spearman dan Mann Whitney Hasil: Dari 40 pasien, laki-laki 23 orang (57,5%) dan perempuan 17 orang (42,5%), rerata usia 44,92 tahun dan lama pemasangan DJ stent 38,22 hari. Berdasarkan hasil IPSS, terdapat hubungan bermakna antara IPSS total sebelum dan setelah pemasangan DJ stent (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2014
Pengarang

Joko Anom Suryawan - Nama Orang
HR. Danarto - Nama Orang
Nur Budiyono - Nama Orang

No. Panggil
T14587fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Spesialis Urologi.,
Deskripsi Fisik
xiii, 39 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T14587fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T14587fkT14587fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Evaluasi Gejala Berkemih Dan Nyeri Pada Pemasangan Dj Stent Ureter (Penelitian Prospektif) = Evaluation of Urinary Symptoms and Pain related to Indwelling Ureteral Stents.

Related Collection