Skripsi

Hubungan antara Infeksi Parasit dengan Prevalensi Anemia Pada Anak-anak Sekolah Dasar di Kecamatan Nangapanda, Ende, Nusa Tenggara Timur = The Relationship Between Prevalence and Status of Anemia with Malaria or Helminths Infection among Elementary School Children in Nangapanda, Ende, East Nusa Tenggara.

Latar Belakang:Indonesia bagian Timur memiliki beban ganda dalam infeksi parasit di negara tropis yaitu cacing usus dan malaria. Infeksi parasit tersebut secara tunggal maupun bersama-sama dapat menyebabkan kejadian anemia. Di Indonesia, kejadian anemia berhubungan dengan asupan nutrisi zat besi yang kurang dan infeksi parasit Belum diketahui bagaimana hubungan antara infeksi parasit dan anemia pada populasi anak sekolah di Kecamatan Nangapanda yang merupakan daerah ko-endemis malaria dan cacing usus. Tujuan:Mengetahui hubungan antara infeksi parasit dengan prevalensi anemia pada anak-anak sekolah dasar di Nangapanda Provinsi Nusa Tenggara Timur. Metode:Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh studi potong lintang dari tim peneliti Departemen Parasitologi FKUI. Populasi terjangkau adalah populasi anak sekolah di Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur berusia 6-10 tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan total population sampling. Penentuan status gizi menggunakan aplikasi WHO AnthroPlus untuk anak usia 5-18 tahun. Pemeriksaan infeksi cacing usus pada tinja menggunakan pemeriksaan Katokatz. Pemeriksaan malaria menggunakan metode polymerase chain reaction (PCR). Data diuji menggunakan uji chisquare dengan alternatifnya uji Fisher. Hubungan bermakna bila nilai p < 0,05.
Hasil:Didapatkan 240 subyek penelitian dengan rerata usia 8,21 tahun, rerata hemoglobin 11,92g/dL dengan proporsi anemia 53,3%. Proporsi infeksi cacing usus sebesar 24,2% dan infeksi malaria sebesar 6,7%. Hasil analisis didapatkan bemakna pada variabel jenis kelamin (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Brian Santoso - Nama Orang
Yenny Djuardi - Nama Orang

No. Panggil
S15316FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xi, 40 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S15316FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S15316FKS15316FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan antara Infeksi Parasit dengan Prevalensi Anemia Pada Anak-anak Sekolah Dasar di Kecamatan Nangapanda, Ende, Nusa Tenggara Timur = The Relationship Between Prevalence and Status of Anemia with Malaria or Helminths Infection among Elementary School Children in Nangapanda, Ende, East Nusa Tenggara.

Related Collection